Tingkatkan Kesadaran dan Kepatuhan, PT SMGP Peringati Bulan K3

Sebarkan:
Karyawan PT SMGP menggelar upacara peringatan bulan K3. (foto:mm/ist)
MADINA (MM) - Perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lapangan basecamp Desa Purba Lamo Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kamis (12/1/2023).

Senior manager contruction Syamsul Muis bertindak sebagai inspektur upacara dan diikuti semua staf dan  karyawan PT SMGP maupun karyawan kontraktor yang bekerja pada kegiatan panasbumi ini.

Syamsul Muis mengatakan PT SMGP memperingati bulan K3 setiap tahun yang betujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3 pada setiap kegiatan semua sektor usaha. Tentu untuk meminimalisir kecelakaan kerja penerapan budaya K3 ini suatu keharusan di setiap kegiatan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan

Muis mengungkapkan tahun 2023 ini masih menjadi tahun yang penuh tantangan khususnya dalam penerapan K3 di PT SMGP. 

"Kita berkomitmen untuk dapat menempatkan prioritas tertinggi terhadap K3, apalagi dengan dijadikannya SMGP sebagai salah satu objek vital nasional maka sudah menjadu keharusan untuk memprioritaakan keamanan lingkungan kerja. Seperti memastikan identitas pengunjung, membangun sistem keamanan yang terintegrasi dan hal lain yang mutlak dilakukan demi terciptanya lokasi kerja yang aman, nyaman, dan selamat," sebut Muis.

Ia mengajak semua stakeholder bekerja sama termasuk mitra kerja SMGP untuk bersama berpartisipasi dan berkontribusi menjadikan K3 sebagai garda terdepan memastikan aktivitas di objek vital nasional ini dapat berjalan lancar. 

Dengan demikian tujuan K3 dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat menuju nihil incident guna peningkatan produktivitas nasional dapat terwujud secara nyata.

Ketua panitia peringaran Bulan K3 nasional PT SMGP Abdul Hakam kepada wartawan menjelaskan kegiatan peringatan Bulan K3 ini akan berjalan selama satu bulan, yaitu 12 Januari hingga 12 Februari.

"Ada beberapa kegiatan yang kita adakan sebagai rangkaian acara memperingati Bulan K3 Nasional di PT SMGP," katanya.

Sejumlah kegiatan akan digelar, diantaranya

Mini project pembuatan tempat pulpen dari bahan daur ulang untuk anak atau keponakan karyawan maupun kontraktor, Kompetisi badminton (double) antar karyawan dan kontraktor, Cerdas cermat antar department, Kompetisi kontraktor terbaik dalam menerapkan K3L

Kemudian Inspeksi kepatuhan APD (alat pelindung diri) untuk semua pekerja, Donor Darah, SMGP management walkthrough, HSE campaign (mewajikan semua kontraktor memasang spanduk perayaan Bulan K3 nasional tahun 2023, Training DTT, Healty worker gymnastic (senam) dan Video kreasi yang berkaitan dengan Bulan K3.

"Semua kegiatan ini menyangkut dengan tema dan tujuan K3. Kita berharap semua karyawan PT SMGP dan kontraktor secara bersama-sama menjalankan norma K3 ini dalam setiap kegiatan usaha di wilayah kerja panas bumi sehingga tercipta lingkungan kerja yang aman, sehat dan produksi dapat berjalan dengan lancar," kata Hakam

Sebagaimana diketahui, setiap tanggal 12 Januari hingga 12 Februari diperingati sebagai Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional. Pada tahun 2023 ini Bulan K3 nasional mengambil tema pokok yaitu "Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja"

Tema Bulan K3 Nasional 2023 tersebut telah diatur melalui Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 135 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2023. 

Dalam penyelenggaraan Bulan K3 diharapkan diisi dengan berbagai kegiatan yang mampu menggerakkan pembudayaan K3 kepada masyarakat secara luas, sehingga Kementerian, Lembaga Non Kementerian, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD, Lembaga K3, Serikat Pekerja/Serikat Buruh, Asosiasi Pengusaha, Lembaga Pendidikan, Perusahaan dan Masyarakat diharapkan turut serta dan berpartisipasi aktif menyelenggarakan kegiatan yang bersifat strategis, promotif, dan implementatif terkait dengan pembudayaan K3. (fadli)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini