Syah Afandin Sambut Kunker Komisi VIII DPR RI

Sebarkan:
Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin SH menerima kunker rombongan DPR RI. (foto:mm/ist)
LANGKAT (MM) – Komisi VIII DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Langkat. Rombongan yang dipimpin Ketima Tim H. Marwan Dasopang disambut langsung Plt Bupati Langkat. H. Syah Afandin SH di ruang pola kantor Bupati, Jumat (17/2/2023).

Marwan Dasopang mengatakan, kunjungan kerja yang dilakukan untuk berdiskusi dengan kepala daerah, terkait penetapan APBD tahun 2023, di bidang kementerian agama, bencana alam dan sosial. Komisi VIII mendorong agar Program Keluarga Harapan (PKH) berupa bantuan bedah rumah layak huni benar-benar mengangkat masyarakat keluar dari kemiskinan.  Paling tidak kita target kan mulai 1 periode, minimal telah keluar 1 juta penduduk dari bantuan PKH,” kata Marwan Dasopang. 

Di bidang bencana alam, DPR RI mengajak kepala daerah mengedukasi masyarakat untuk memahami pengetahuan dan penanggulangan bencana sejak dini. “Kita berharap badan penanggulangan bencana alam daerah bisa mengedukasi masyarakat dengan tujuan memperkecil angka korban bencana,” harapnya.

Sambung Marwan, baru-baru ini sudah membahas biaya haji dari Rp90.8 juta, yang kini hanya ditanggung jamaah sebesar Rp49,8 juta. “Angka ini sudah dievaluasi dan dikaji sehingga kewajiban jamaah menjadi Rp49,8 juta,” katanya. 

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati Syah Afandin menyampaikan terima kasih atas kunker Komisi VIII DPR RI. “Kehadiran Komisi VIII tentunya membawa berkah untuk mempercepat terwujudnya pembangunan Langkat,” kata Syah Afandin.

Syah Afandin mengusulkan untuk program Rumah Sejahtera Terpadu. Untuk Kabupaten Langkat sendiri, sedikitnya mengusulkan 2000 unit. Jika hal ini terlaksana, maka angka kemiskinan akan tergerus.

Selain itu, Syah Afandin juga menyampaikan terima kasih karena 420 ribu jiwa warga Langkat menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau sekitar 30 persen. Untuk itu, Langkat mengusulkan penambahan sebesar 200 ribu KIS tahun berjalan.

Selama ini, lanjutnya, PKH sudah berjalan baik. Namun pihaknya mengusulkan agar dibarengi modal usaha sehingga warga mampu mandiri untuk menopang ekonomi rumah tangga. “Kita berharap agar ada modal usaha sehingga warga yang mendapatkan benar-benar bisa mandiri,” harapnya.

Syah Afandin juga mengusulkan pembangunan jembatan Binge yang merupakan destinasi wisata rumah pohon. “Kami berharap DPR RI dapat membantu usulan pembangunannya, karena jika ini terhubung maka objek wisata akan bangkit dan masyarakat sejahtera,” ujarnya.

Pertemuan diakhiri saling bertukar cinderamata DPR RI dan Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin. Dalam kesempatan ini, DPR RI juga menyalurkan beragam bantuan, termasuk untuk pondok pesantren.

Anggota Komisi VIII DPR RI yang hadir diantaranya M.Husni, SE Anggota DPR RI Fraksi Gerindra (Sumut I), Dra.Delmeria Anggota DPR RI Fraksi Nasdem (Sumut II). Sedangkan Plt Bupati Langkat didampingi Sekda Langkat Amril,S.Sos,MAP, Kepala BPKAD Drs. M. Iskandarsyah dan Kadis Kominfo H. Syahmadi, S.Sos, M.SP. (mm/red) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com