Eli Mahrani: Pencegahan Dini Dengan Metode Iva Test Harus Digencarkan

Sebarkan:
Ketua Tim Penggerak PKK Mandailing Natal (Madina) Eli Mahran. (foto:mm/ist)
MADINA (MM) - Ketua Tim Penggerak PKK Mandailing Natal (Madina) Eli Mahrani menyebutkan pencegahan dini dengan metode iva test harus digencarkan. Mengingat biayanya lebih murah serta cepat dan tingkat akurasi hampir sama dengan test papsmear yang selama ini populer digunakan.

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi Kecamatan Naga Juang dalam pelaksanaan kegiatan Iva Test Senin (20/3/2023). "Sebagaian masyarakat masih takut, khawatir dan malu memeriksakan organ kewanitaan untuk mendeteksi kanker serviks," kata Eli.

Dikatakan Eli, pemeriksaan Iva Test merupakan salah satu cara melakukan test kanker serviks. Kelebihan test ini adalah kesederhanaan teknik dan kemampuan untuk memberikan hasil yang segera kepada ibu untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

Eli juga menghimbau kepada para wanita usia subur 30-50 tahun untuk ikut serta dalam upaya deteksi dini kanker dan tidak perlu takut khawatir dan malu.

"Dengan semakin meningkatnya kesadaran untuk melakukan deteksi dini, maka kita bisa mengambil langkah dini, mengingat kanker serviks adalah penyakit mematikan di dunia," katanya.

Ia juga menyebutkan Kecamatan Naga Juang menjadi desa binaan kategori lomba Iva Test yang akan diperlombakan ke tingkat Provinsi yang merupakan perwakilan Madina, dengan harapan juara I.

"Namun yang terpenting adalah kesadaran kita untuk menjaga kesehatan. Mari sama sama kita saling mengingatkan dan mengajak agar semua aktif memeriksakan kesehatannya," ujarnya.

Sementara itu Camat Naga Juang Lion Nasution menyebutkan kegitan Iva Test sudah berjalan mulai di bulan Januari dan sudah mencapai 58 persen. "Mudah-mudahan hari ini bisa mencapai 100 persen, dan Iva test ini manfaatnya adalah untuk kesehatan para ibu-ibu," terangnya.

Dikatakan Lion, Iva Test ini masih begitu kurang jelas di masyarakat, namun dengan kader kader yang tangguh, bisa memperkenalkan dan mengajak bahwa Iva Tes sangat penting.

Usai meninjau pelaksanaan, Ketua TP PKK Madina, Camat Naga Juang menempelkan stiker ke rumah warga yang sudah melakukan Iva Test. (fadli)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com