Jelang Ramadhan, BI Buka Pasar Murah di Sibolga-Sidimpuan

Sebarkan:
Wakil Wali Kota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing didampingi Kpw BI Sibolga dan Kabulog menyerahkan belanjaan kepada seorang pembeli di Pasar Murah. (foto:mm/jhonny simatupang)
SIBOLGA (MM) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sibolga menggelar pasar murah serentak di dua kota di pantai barat Sumatera Utara, yakni Sibolga dan Padangsidempuan.

Kegiatan laksanakan selama sepekan, mulai 14 Maret 2023 di dua kota yang indeks inflasinya (IHK) masuk dalam sasaran perhitungan bank plat merah, dalam rangka pengendalian inflasi pangan, sekaligus membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan menjelang Ramadhan 1444 H.

Dalam operasi pasar murah BI Sibolga didukung Bulog dan Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga itu, menyediakan kebutuhan pokok, seperti beras medium dan premium, serta gula pasir dan minyak goreng. 

Untuk beras medium ukuran 5 Kg dibanderol Rp45.000 dan premium Rp62.500. Kemudian minyak goreng Rp13.000/liter dan gula pasir Rp13.500/kg. Masyarakat diimbau membeli sesuai jumlah yang dibutuhkan. 

Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansyah Andrias mengatakan, sebelum menggelar pasar murah di Kota Sibolga dan Padangsidempuan, BI Sibolga telah mengadakan kegiatan yang sama (pasar murah) di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

"Karena harga bahan pangan kabarnya sudah merangkak naik," kata Yuliansyah di sela menghadiri pasar murah BI Sibolga di Jalan Peralihan, Kelurahan Pancuran Dewa, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Kamis (16/3/2023).

Dalam kegiatan itu, tampak hadir Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Maruba Lumban Tobing, Kepala Bulog Sibolga, Muhammad Khoiruddin, dan sejumlah pejabat Pemkot Sibolga, serta Kapolsek Sibolga Sambas, Iptu Martua Sinaga. 

Terkait pasar murah BI Sibolga tersebut, Pemkot Sibolga juga dalam waktu dekat rencananya akan melaksanakan kegiatan yang sama.

Menurut Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Maruba Lumban Tobing, sumber dana pasar murah Pemkot Sibolga itu nantinya berasal dari dana insentif daerah (DID).

"Jadi, ada dua kegiatan yang kita lakukan selain ini. Tujuannya sebagai salah satu upaya kita untuk menekan inflasi di Kota Sibolga, karena rata-rata inflasi di Kota Sibolga disumbang dari bahan pokok," ungkap Pantas.

Sementara sebelumnya, Bulog Sibolga telah mengambil peran dengan menggelar pasar murah sendiri di dua pasar di Kota Sibolga.

Menurut Kabulog Sibolga, Muhammad Khoiruddin, selain menggelar pasar murah tersebut, Bulog Sibolga juga membuka gerai untuk melayani masyarakat yang ingin berbelanja beras, gula, dan minyak goreng, dengan harga yang relatif lebih murah dari harga pasaran. "Di kantor juga kita sudah melayani retail. Satu karung pun kita layani," tukas Khoiruddin. 

Sementara itu, salah seorang masyarakat Sibolga, R Boru Simanjuntak (57), warga Jalan Jati (Jalan Empat), yang datang berbelanja di pasar murah BI Sibolga tersebut, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada BI serta Pemkot Sibolga yang telah menggelar pasar murah. Menurutnya, kegiatan itu sangat membantu masyarakat, terutama dirinya sebagai seorang masyarakat ekonomi lemah.

"Saya berharap pemerintah, terutama BI, tetap memperhatikan masyarakat, apalagi menjelang ramadhan ini," ucap Boru Simanjuntak, pedagang kue keliling ini. (jhonny simatupang)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com