Ongku Hasibuan: Masalah Konflik Tanah di Sumut Rawan

Sebarkan:
Ongku P. Hasibuan bersama Zakaria Rambe dan Aulia Andre dalam diskusi di Medan. (foto:mm/andre)
MEDAN (MM) - Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Ongku P Hasibuan berdiskusi dengan sejumlah aktivis di Sumut terkait masalah tanah dan konflik agraria di Sumatera Utara (Sumut). Diskusi santai terkait masalah tanah ini, dilakukan di satu kafe yang ada di Jalan Sei Batang Hari, Medan.

Ongku P Hasibuan serius menjabarkan berbagai kasus tanah yang terjadi di provinsi Sumut. Di mana, menurutnya, permasalahan tanah ini memang menjadi perhatian khusus bagi politisi Partai Demokrat ini. 

"Untuk permasalahan ini, kita sudah mendiskusikan bahkan sudah membentuk panitia kerja (Panja) untuk menuntaskan permasalahan tanah yang ada di Indonesia, terutama di Sumut," katanya, Kamis (2/3/2023). 

Ia pun menyatakan dari semua masalah tanah yang ada di Indonesia, Sumut juga termasuk daerah yang rawan terhadap konflik tanah. Untuk hal ini, akunya, pihaknya akan menyelesaikan serta mendorong agar terselesaikannya masalah tanah misalnya di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) dimana salah satu perkebunan swasta di Labusel pernah bersengketa dengan warga. 

"Kita sudah mempertemukan dan membuat kesepakatan antara perkebunan swasta dan juga masyarakat yang memiliki tanah seluas 700 hektar," ujarnya. 

Ia pun menyatakan atas dasar itulah, Ongku terus terpacu untuk menyelesaikan masalah tanah yang sampai saat ini bukan berkurang,malah bertambah. "Kita juga sudah membentuk panja agar bisa meminimalisir kasus tanah yang ada," akunya. 

Dikatakannya, pihaknya juga merasa miris, dari seluruh tanah di Indonesia cuma 2 persen yang dimiliki warga jikalau dibuat persentase nya 100 persen. "Lebihnya itu, dimiliki sama perusahaan raksasa," ujarnya. 

Ongku juga menyatakan pihaknya dalam penyelesaian masalah tanah dan sudah menyepakati perjanjian terkait sengketa tanah, pihak didatangi sama perwakilan dari perkebunan swasta. "Tidaklah saya bilang apa nama perusahaannya dan apa yang ia tawari ke sana saat itu. Namun pada intinya saya tidak mengindahkan apa yang ia tawarkan," katanya. 

Diskusi itu dihadiri Ketua Jampi Sumut Zakaria Rambe, Ketua PKNU Sumut Aulia Andri, Tokoh Pers Sumut ChokingSusilo Sakeh, Ketua KAUM Surya Wahyu Danil dan Sekretaris Pewarta Rijam Kamal Siahaan serta beberapa pegiat lainnya. (andre)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com