Pemkab Asahan Gelar Festival Sinandong di Museum Juang 45

Sebarkan:
Salah seorang siswa menari persembahan di hadapan Ketua TP PKK Asahan Hj. Titiek Sugiharti dalam acara Festival Senandong. (foto:mm/ist)
ASAHAN (MM) - Bupati Asahan diwakili Sekda John Hardi Nasution membuka Festival Sinandong Asahan di Museum/Gedung Juang 45, Senin (6/3/2023).

Panitia pelaksana, Kadis Pendidikan Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto, M.Pd, kegiatan ini bertujuan memperkenalkan seni dan budaya Asahan bagi lapisan masyarakat, terkhusus kalangan pelajar. 

Peserta Sinandong Asahan ini berjumlah 52 orang yang merupakan perwakilan dari berbagai sekolah. Dirinya juga sampaikan bahwa kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut merupakan salah satu rangkaian dalam  memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Asahan. 

Sekdakab Asahan John Hardi Nasution, menyampaikan festival Sinandong ini sangatlah strategis karena melalui kegiatan ini dapat melahirkan talenta-talenta serta meningkatkan apresiasi terhadap ekspresi seni budaya. 

"Festival ini juga merupakan ajang untuk menimba ilmu dan memahami nilai-nilai seni budaya bangsa Indonesia khususnya seni dan budaya Kabupaten Asahan dengan berbagai macam latar belakang agama, suku, adat dan budaya," ujar Sekda. 

Sambugn Sekda, upaya pelestarian budaya memang tidak berjalan mulus, banyak kendala sebagaimana dirasakan seluruh lapisan masyarakat dalam usaha pelestarian lainnya, urbanisasi, modernisasi, globalisasi dan tumbuhnya kota-kota industri yang telah mengancam keberadaan warisan budaya. 

Karenanya Sekda berharap, Festival Sinandong Asahan yang di gelar kali ini mampu merangsang masyarakat Asahan untuk memelihara kebudayaannya. 

Selain itu Sekda berharap bahwa kegiatan seperti ini menjadi salah satu langkah preventif dalam membina generasi muda, untuk terus beraktifitas dan berkreasi dalam hal positif serta berguna bagi masa depannya. 

"Kegiatan yang positif seperti ini harus di tingkatkan kualitas dan kuantitasnya sebagai salah satu filter yang membentengi anak-anak generasi penerus bangsa kita agar tidak terjerat kedalam tindakan-tindakan negative," pungkas Sekda. (Ismanto Panjaitan)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com