Penuhi Kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H, BI Sibolga Sediakan Uang Baru Rp1,9 Triliun

Sebarkan:
Kepala BI Sibolga Yuliansah Andrias diacara "SERAMBI 2023" atau Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri 2023 di Grha Aulia BI Sibolga, Selasa (28/3/2023). (foto:mm/jhonny simatupang)
SIBOLGA (MM) - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga menyiapkan uang pecahan baru sebesar Rp1,9 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Tapanuli dan Nias selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444H/2023. 

Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias, mempersilahkan masyarakat menukarkan uangnya ke tempat-tempat yang telah disediakan, seperti kantor-kantor perbankan daerah plus layanan mobile di pelataran Masjid Agung Sibolga dan Pelataran ATC Mall Padangsidimpuan. "Waktu penukaran 28 Maret-20 April 2023 dari pukul 09.00 WIB-15.00 WIB dengan jumlah yang tidak dibatasi," ujarnya. 

Besarnya uang pecahan baru yang disediakan BI Sibolga di Ramadhan dan Idul Fitri 1444H/2023 kali ini meningkat 6% dari realisasi tahun sebelumnya, 2022.

Menurut Yuliansah, kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dan pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik, serta peningkatan mobilisasi masyarakat. 

Namun, Yuliansah tetap mendorong dan mengajak masyarakat agar tetap mengoptimalkan pembayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital, di antaranya QRIS. Termasuk mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak dan mencermati ciri-ciri keaslian uang rupiah dengan senantiasa menerapkan 3D (dilihat, diraba dan diterawang). 

"Belanja bijak diwujudkan dengan  belanja sesuai kebutuhan (tidak berlebihan, memastikan kualitas setara dengan harga, dan tidak menimbun  pembelian), belanja produk dalam negeri (khususnya produk UMKM), dan mengalokasikan dana secara tepat (berhemat dan menabung)," tukasnya. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com