Tingkatkan Wawasan Kader Posyandu, Kades Pantai Labu Buka Pelatihan

Sebarkan:
Kades Pantai Labu Pekan Samsul Bahri didampingi Ketua TP PKK Lisa Hayati berfoto bersama peserta pelatihan Posyandu. (foto:mm/ist)
DELISERDANG (MM) – Kepala Desa (Kades) Pantai Labu Pekan, Samsul Bahri didampingi Ketua TP PKK Lisa Hayati, membuka kegiatan pelatihan kader Posyandu di aula Desa Pantai Labu Pekan, Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang. 

Kegiatan ini menghadirkan narasumber UPT Puskesmas Kecamatan Pantai Labu dan dihadiri para kader Posyandu Desa Pantai Labu Pekan, kemarin.

Kepala Desa Pantai Labu Pekan, Samsul Bahri mengatakan, kegiatan pelatihan Posyandu sangat penting dan sudah menjadi program Desa Pantai Labu Pekan, dengan tujuan membekali dan meningkatkan ilmu serta wawasan para kades Posyandu dalam melakukan tugas dan tanggungjawab.

"Kita ingin memberikan pelayanan posyandu yang terbaik untuk masyarakat sehingga masyarakat semangat untuk datang dan memanfaatkan fasilitas yang disediakan posyandu," pungkas Samsul Bahri. 

Sementara itu, Ketua TP PKK Pantai Labu Pekan, Lisa Hayati Samsul Bahri berharap pelatihan ini benar-benar bermanfaat bagi para kader baik yang masih baru maupun sudah menjadi kader sebelumnya untuk meningkatkan pelayanan posyandu. 

"Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat," jelas Lisa. 

Sementara itu, Widya Anastasyia Manao, Bidang Promkes UPT Puskesmas Kecamatan Pantai Labu menyampaikan pelatihan ini diberikan dalam bentuk teori dan praktek seperti pemahaman tentang Posyandu, Praktek penimbangan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala anak, pemantauan aktifitas anak, pemantauan status imunisasi anak, pemantauan terhadap tindakan orangtua tentang pola asuh yang dilakukan pada anak, pemantauan tentang permasalahan anak balita, dan lain sebagainya.

Narasumber lain, Oriza Aurora, TPG Puskesmas Pantai Labu Pekan, menjelaskan tentang  Pengisian KMS (Kartu Menuju Sehat) & PLOTTING yang memuat kurva pertumbuhan normal anak berdasarkan indeks antropometri berat badan menurut umur yang dibedakan berdasarkan jenis kelamin dan lain-lain.(nasti)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com