Luar Biasa! Kalahkan Athena dan Roma, Medan Masuk Daftar Kota Pintar Dunia

Sebarkan:
Suasana Kota Medan pada malam hari. (foto:mm/ist)
MEDAN - Kota Medan berhasil masuk daftar Indeks Kota Pintar (Smart City Index) 2023. Berdasarkan 141 kota di seluruh dunia yang diteliti, ibukota Provinsi Sumatera Utara ini menempati urutan ke-112.

Hal ini terungkap setelah IMD World Competitivenes Center merilis melalui Smart City Index (SCI) Report 2023. Selain Kota Medan, ada dua kota lagi di Indonesia yang masuk kota pintar dunia yakni Jakarta (urutan 102) dan Makasar (urutan 114).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Kota Medan masuk dalam daftar kota pintar dunia karena dinilai karena mampu memenuhi kebutuhan sanitasi dasar. Selain itu memiliki layanan daur ulang yang memuaskan.

Lalu, Kota Medan juga dinilai memiliki  fasilitas transportasi publik yang baik, mempermudah layanan akses informasi pemerintah daerah. Serta memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang memuaskan.

Penilaian terhadap Kota Medan ini sama dengan penilaian terhadap Jakarta sehingga masuk dalam daftar kota pintar dunia. Sedangkan untuk Kota Makasar, dinilai karena memiliki akses informasi terhadap keputusan pemerintah daerah, kemampuan mengatur janji temu medis secara daring serta kemudahan penggunaan angkutan umum berkat penjualan tiket dan penjadwalan secara daring.

Keberhasilan Kota Medan masuk dalam kota pintar dunia berhasil mengalahkan Kota Athena (Yunani) dan Roma (Italia). Sebab, berdasarkan data yang dirilis Smart City Index  tersebut, Athena berada di urutan 113 dan Roma di posisi 122. Sedangkan untuk urutan pertama diraih Kota Zurich (Swiss), Kota Oslo (Norwegia) berada di urutan kedua dan Kota Canberra (Australia) menempati peringkat ketiga. (achmad rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com