Mudik Lebaran, PT KAI Sumut Imbau Penumpang Tepat Waktu

Sebarkan:
Sejumlah penumpang sdedang memasuki gerbong kereta di Stasiun KA Medan. (foto:mm/ist)
MEDAN (MM) - Masa angkutan lebaran tahun 2023 di PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah berjalan selama 9 hari, sejak 12 April 2023 lalu. 

Dalam melayani pelanggan KA di masa mudik lebaran ini, ketepatan waktu keberangkatan kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara mencapai 100%. 

Artinya, kereta api yang beroperasi setiap harinya pada masa Angkutan Lebaran tahun 2023 berangkat tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan.

Guna menghindari pelanggan yang ingin mudik tertinggal kereta api, PT KAI Divre I SU mengimbau agar calon penumpang dapat mengatur kedatangannya ke stasiun dengan jadwal keberangkatan KA. 

“Kereta api merupakan moda transportasi massal yang tepat waktu. Terutama masa angkutan lebaran ini, keberangkatan KA mencapai 100%. Jadi, tidak ada istilahnya kereta api menunggu penumpang yang terlambat. Sebaliknya, calon penumpang yang harus mengatur waktu tiba di stasiun. Disarankan, pelanggan sudah tiba di stasiun satu jam sebelum jadwal keberangkatan KA,” ucap Anwar Solikhin, Manager Humas Divre I SU, Kamis (20/4/2023).

Selain itu, untuk memudahkan dan menghindari antrian di loket go show stasiun, PT KAI Divre I SU juga mengimbau agar pelanggan KA melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access. 

Pada aplikasi ini, pelanggan bisa melihat ketersediaan tempat duduk, pilihan jadwal keberangkatan, serta fitur ubah jadwal dan pembatalan tiket. Tanpa perlu antri di loket, pelanggan bisa efisien waktu dan tenaga. 

“Mudik ke kampung halaman naik kereta api merupakan pilihan yang tepat. Banyak faktor mengapa lebih baik naik KA pada saat mudik, selain tepat waktu. Yakni, bebas macet, mengutamakan keselamatan, aksesibilitas, dan pelayanan yang terus ditingkatnya. Naik kereta api, aman dan berkesan,” tutup Anwar.

Memasuki Angkutan Lebaran 2023 H-2, pada hari ini (20/4) di wilayah PT KAI Divre I SU sebanyak 10.956 tiket KA telah terjual untuk KA Jarak Jauh dan Lokal.

Secara total, jika dilihat dari data terupdate pemesanan tiket selama masa Angkutan Lebaran 2023 (12 April s.d 3 Mei 2023) di KAI Divre I SU telah terjual sebanyak 121.838 tiket, yang terbagi 77.246 tiket untuk KA Jarak Jauh dan 44.592 untuk KA Lokal dari tiket yang disediakan. Jumlah penjualan tiket tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung secara online.

Selain itu, berdasarkan data penjualan tiket tujuan favorit adalah Medan - Tanjung Balai dengan penjualanannya mencapai 52.335 tiket. Sedangkan untuk prediksi arus balik terjadi pada tanggal 25 April 2023, dengan pemesanan tiket sebanyak 4.710 (data masih akan terus bertambah, karena pemesanan tiket masih berjalan). (arie)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com