Di Hadapan Ribuan Kepling, Bobby Titipkan Tiga Pesan Penting

Sebarkan:
Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama ribuan Kepala Lingkungan (Kepling). (foto/istimewa)
MEDAN (MM) – Wali Kota Medan Bobby Nasution menitipkan tiga pesan penting di hadapan 2001 Kepala Lingkungan (Kepling) se-Kota Medan. 

Pesan ini disampaikan dalam pembinaan mental, disiplin dan etos kerja yang digelar di Medan Internasional Convention Centre, Jalan Ringroad Medan, Selasa (23/5/2023).

Bobby menegaskan, selain menjaga keamanan, kerukunan, Kepling merupakan ujung tombak Pemko Medan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, harus mendukung pemberantasan narkoba serta mensukseskan lima program prioritas.

“Keamanan dan kerukunan sangat penting diwujudkan guna mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045, dimana  saat itu Indonesia menjadi salah satu kekuatan terbesar di dunia,” tegas Bobby didampingi Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman.

Semua ini dapat tercapai jika dapat menjaga keamanan dan kerukunan. Hal itu harus dimulai dari  skala paling mikro (terkecil)  yakni lingkungan. Ini sudah dibuktikan saat kita menangani pandemic Covid-19, dimana penanganan mikro yang dilakukan  dari tingkat lingkungan ternyata lebih efektif.

Oleh karena itu, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh Kepling agar tidak sepele dengan masalah kecil di lingkungannya masing-masing. Apalagi, tegasnya, Medan merupakan kota multikultural  yang warganya terdiri dari berbagai etnis dan agama.

“Saya minta, masalah sekecil apa pun yang menyangkut etnis dan agama harus secepatnya disikapi dan dituntaskan,” tegas suami Kahiyang Ayu.

Selain itu, kata Bobby Nasution, Kepling juga harus mendata seluruh warganya, untuk mendeteksi kemungkinan potensi-potensi konflik yang akan terjadi. 

“Potensi-potensi konflik yang kemungkinan terjadi segera dikomunikasikan ke Babinsa dan Babhinkantibmas guna dilakukan solusi  bersama mengatasinya,” ungkapnya.

Bobby Nasution juga mengingatkan kepada seluruh kepling untuk menyikapi penyalahgunaan narkoba di lingkungannya masing-masing. 

Sebab, berdasarkan data, paparnya, Sumut di tahun 2022 merupakan peringkat pertama penyalahgunaan narkoba di Indonesia dan Kota Medan paling tinggi penyalahgunaan narkoba di Sumut. “Dengan semangat kolaborasi, narkoba harus bisa kita hilangkan,” ujarnya optimis.

Terakhir Bobby Nasution minta Kepling untuk mengetahui lima program prioritas Pemko Medan, yakni penanganan kesehatan, kebersihan, perbaikan infrastruktur, penanganan banjir serta pembenahan kawasan heritage dengan pemberdayaan UMKM.

Kegiatan pembinaan mental, disiplin dan etos kerja Kepling menghadirkan narasumber, masing-masing Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda dan Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzawwad. (ahmad rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com