Tepung Tawar Calhaj, Bupati Simalungun Minta Calhaj Doakan Pesta Demokrasi Berjalan Baik

Sebarkan:

 

Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga dan Wakil Bupati Zonny Waldi menepung tawari calhaj 2024. (foto/ist)
SIMALUNGUN (MM) – Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga bersama Wakil Bupati Zonny Waldi menepung tawari Calhaj di halaman Masjid Asy Syuhada Korem 022/PT Jln Asahan Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut, Senin (6/5/2024).

Teput tawar Calhaj dihadiri Forkopimda, diantaranya Danrem diwakili Letda Inf Amrul (Pa Ur Korem 022/PT), Ketua PA Nuzul Lubis, Kakan Kemenag H Ahmad Sofian, Sekda Esron Sinaga bersama sejumlah pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Simalungun, ormas Islam dan undangan.

Mengawali tepung tawar, di kumandangkan ayat suci Al-Qur'an yang dibawakan Rudi Hartono (salah satu calhaj Simalungun yang juga sebagai salah satu ketua rombongan/Karom), dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Supriadi (salah satu Calhaj dan juga salah satu Karom).

Kepala staf haji Kabupaten Simalungun H Ahmad Sofian melaporkan, jumlah jamaah calhaj asal Kabupaten Simalungun sebanyak 150 orang terdiri dari 58 Pria dan 92 Wanita.

Dijadwalkan, sebelum berangkat ke Tanah Suci Makkah, Jamaah calhaj masuk asrama haji Medan tanggal 1 Juni 2024 untuk istirahat sejenak sebelum berangkat. Selanjutnya Calhaj bertolak ke tanah suci Makkah tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 19 bersama calhaj Kota Medan pada tanggal 2  Mei 2024.

Jamaah tertua calhaj Simalungun tertua pria an. Tomen bin Paimen (77 tahun) asal Kecamatan Raya, termuda pria an. Domma bin Alan (31 Tahun) asal Kecamatan Gunung Maligas.

Sementara itu, jamaah calhaj wanita tertua an.Tuginem binti Paimen (85 Tahun) asal Kecamatan Tanah Jawa dan termuda an.Widya Anggreini Tanjung binti Aswin Tanjung (20 Tahun) asal Kecamatan Siantar.

"Waiting list (daftar tunggu) untuk Prov Sumut sebanyak 156.144 jamaah, dan untuk Kabupaten Simalungun sebanyak 2.967 jamaah, dengan perkiraan jika mendaftar hari ini akan menunggu sampai 20 tahun,"ucap Ahmad.

Bupati Simalungun Radiapoh mengingatkan jamaah calhaj bahwa suhu di Makkah diperkirakan mencapai sekitar 46⁰. Untuk itu diharapkan kepada jamaah untuk tidak banyak melakukan acara seremonial untuk persiapan keberangkatan.

Sebagai bentuk rasa syukur dan tanda suka cita serta rasa bangga, atas nama keluarga Bupati Simalungun memberikan tambahan uang saku kepada jamaah haji. "Ini lah sebagai ungkapan rasa bangga saya atas jerih payah para bapak dan ibu yang sudah cukup lama menunggu untuk keberangkatan ini,"ucap Bupati.

Bupati mengajak, selama melaksanakan kegiatan ibadah haji, agar dilaksanakan dengan sangat khusyuk kepada Tuhan. "Saya titipkan pemerintah dan masyarakat Simalungun agar semua berjalan baik,"pinta Bupati.

Disamping itu, menghadapi tahun politik di Kabupaten Simalungun, Bupati memohon kepada jamaah untuk mendoakan agar pesta demokrasi di Simalungun berjalan dengan baik.

"Selamat sampai tujuan dan selamat kembali ke tanah air. Fokus lah untuk ibadah,"ujar Bupati mengakhiri. Acara tersebut ditutup dengan Tausyah yang disampaikan oleh Al-Ustadz H Hasbi Mawardi Lubis. (tan)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com