Kades se-Batubara Bimtek Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah

Sebarkan:

Ketua APDESI Batubara Saefuddin Lubis (kiri) didampingi Sekretaris M.Siregar. (foto:mmist)
BATUBARA - Sejumlah Kepala Desa (Kades) dan Sekretaris Desa se-Batubara mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pengelolaan pajak dan retribusi dalam rangkaian meningkatkan PAD Pemkab Batubara.

Ketua Asosisasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Batubara, Saefuddin Lubis didampingi Sekretaris M.Siregar dan Korcam Limapuluh, Idris mengatakan, Bimtek digelar berdasarkan SK Sekdakab Batubara, Sakti Alam Siregar dengan nomor 038/K/LI-PKMI/SU/XII/2021, tentang sosialisasi pengelolaan pajak dan retribusi dalam meningkatkan PAD.

Bimtek diikuti 282 peserta terdiri dari Kades dan Sekretaris Desa (Sekdes) se-Batubara, dan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19 di Hotel Singapore Land, Sei Balai, i yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama  tanggal 20 s/d 23 dan sesi kedua 27 s/d 30 Desember 2021.

"Untuk mematuhi Prokes, panita membagi menjadi dua sesi dan ini sangat ideal sehingga materi yang disampaikan benar-benar tepat sasaran dipaham peserta," katanya.

Penyelenggara Bimtek ditangani langsung tenaga profesional yaitu Lembaga  Independen Pemerhati Kesejahteraan Masyarakat Indonesia (LIPKMI) Ketua Drs. Togar Sirait, SH, MH. 

"Apdesi hanya sebatas fasilitator dalam hal kegiatan ini. Untuk biaya masing-masing ditanggung masing-masing desa yang anggarannya ditampung di Alokasi Dana Desa (ADD) pos pemberdayaan aparatur desa," tegas Saefuddin.

LIPKMI selaku penyelenggara Bimtek menyiapkan 10 pemateri yang terdiri dari Kemendes PDT RI, Kemendagri RI, Dinas PMD Provsu dan Dinas PMD Batubara dan Pendamping Desa.

Terkait adanya unjukrasa sekelompok Ormas terkait Bintek ini, Saefuddin mengatakan bahwa aksi itu sah-sah saja, bahkan pimpinan Ormas sudah berdialog dengan pihaknya untuk meminta penjelasan. "Surat pernyataannya juga sudah ada," bebernya. (zein/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini