Pemkab Langkat Peringati HUT ke-138 Pertambangan Minyak Berandan

Sebarkan:
UTAMA : Wabup Langkat H.Syah Afandin bersama tokoh memperingati HUT ke-138 Pertambangan Minyak di Berandan. (foto/ist)

LANGKAT - Wakil Bupati Langkat H.Syah Afandin bersama unsur forkopimda dan tokoh masyarakat memperingati HUT ke-138 Pertambangan Minyak Pangkalan Berandan, Kecamatan Sei Lepan,Kamis kemarin. Perayaan dihadiri mantan Bupati sekaligus Gubernur Sumut H.Syamsul Arifin.

Wabup Syah Afandin dalam kesempatan itu mengatakan, Desa Telaga Said, Kecamatan Sei Lepan merupakan sumber utama eksplorasi minyak pertama Indonesia tahun 1883, yang kemudian dilanjutkan Rotal Dutch Company di Pangkalan Berandan tahun 1885 atau yang dikenal dengan monumen Berandan Bumi Hangus.

"Dari desa inilah 70 APBD Indonesia dibiayai sehingga memberikan kontriusi untuk membangun Indonesia kala itu," kata Wabup Syah Afandin.

Untuk itu, Wabup berharap Pertamina Pangkalan Berandan dan Pangkalan Susu mampu beroperasi dan HUT Pertambangan Minyak ke-138 akan menjadi momentum untuk bangkit kembali.

Tambang minyak Pangkalan Brandan di Desa Telaga Said merupakan salah satu bukti sejarah ditemukannya minyak bumi pertama kali di Indonesia," tambahnya. 

Sedangkan Punco Sutowo menyampaikan saat ini minyak sudah kering di Pangkalan Berandan. Ia mengajak untuk terus berusaha dan berdoa agar Allah menurunkan rezekinya, agar hasil bumi tersebut dirasakan kembali kemanfaatannya. "Butuhkan kejelian agar pertambangan minyak bisa bangkit kembali," kata Punco. 

Punco Sutowo mengatakan, apa yang dilakukan ayahnya Ibnu Sutowo dan tokoh tokoh yang berupaya pada waktu itu, merupakan upaya untuk Republik Indonesia bisa bangkit, mengambil minyak dari perut bumi dan dikirim keluar negeri dengan sistem bagi hasil. 

Diketahui Letnan Jenderal TNI (Purn) Prof. Dr. H. Ibnu Sutowo, D.Sc salah satu tokoh yang mengembangkan PN Permina, perusahaan minyak negara yang kemudian berubah menjadi PT Pertamina. 

Turut hadir Pandam I/BB yang diwakili Kasdam I/BB Brigjen TNI Purwito Hadi Wardoyo, perwakilan dari Polda Sumut, Keluarga Almarhum  Prof. Dr. H. Ibnu Sutowo. 

Ketua DHD-45 Provsu Mayjen Purn Hasyim, Generalisasi Supervisor pertamina Pangkalan Berandan M Natsir, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik, Ketua PWI Langkat M. Darwis Sinulingga, para Kepala Perangkat Daerah, Forkopimda dan tokoh masyarakat Sumut dan Kabupaten Langkat. (ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com