Ciptakan Rasa Aman Bagi Wisatawan, Kapolda Jadikan 8 Kapolres Wilayah Danau Toba Terintegrasi

Sebarkan:

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dalam kegiatan FGD pembentuan Polisi Pariwisata Danau Toba.  (foto/ist)
PARAPAT - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. RZ. Panca Putra Simanjuntak mengumpulkan seluruh kapolres dan sejumlah kapolsek di kawasan Danau Toba.

Pertemuan yang digelar di Niagara Hotel Parapat, ini membahas sekaligus menjamin keamanan wisatawan yang berkunjung di destinasi wisata Danau Toba.

Informasi yang diperoleh, pertemuan bertajuk Focus Grup Discussions (FGD) dibahas pembentukan satuan kepolisian kawasan pariwisata (destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba).

Pada acara yang  juga dihadiri Karo Renmin Baharkam Polri Brigjen Pol Agung Julianto, elaku narasumber, Waket Bidakademik STIK Lemdiklat Polri Brigjen Pol Asep Adi Saputra, Danrem 022/Pantai Timur (PT) Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung, serta sejumlah pejabat utama Poldasu, kapoldasu mengatakan polisi mendukung penuh Danau Toba menjadi destinasi pariwisata super prioritas nasional.

Panca menyampaikan, untuk menjamin keamanan wisatawan akan dibentuk satuan kepolisian kawasan pariwisata destinasi Danau Toba.

"Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas merupakan program presiden Jokowi yang sangat mengharapkan bisa menjadi daerah tujuan wisata internasional, sehingga masalah keamanan harus menjadi nomor satu,karema jika tidak aman wisatawan tidak akan mau datang," ujar Panca.

Jendral bintang dua itu menambahkan masalah keamanan juga harus disinergikan dengan ketersediaan fasilitas rumah sakit, kemudahan akses untuk datang ke lokasi wisata sehingga dunia internasional dapat melihat dan mengetahui Danau Toba.

Karena itu kata Panca,Poldasu sudah menyiapkan Polairud, Polisi Pariwisata, Brimob, Polisi berkuda, dan akan dilengkapi dengan satu unit helikopter di kawasan Danau Toba.

Jajaran kepolisian di wilayah Poldasu juga diharapkan Panca untuk melaksanakan perintah Kapolri menyiapkan rencana yang  untuk mewujudkan jaminan keamanan di lokasi destinasi wisata super prioritas 

"Delapan kabupaten dan Polres di kawasan Danau Toba  harus terintegrasi, dalam system keaman yang terpadu guna menjamin keamanan par wisatawan yang datang berkunjung," pungkas Panca

Satu kapal besar menurutnya juga sudah didatangkan untuk memberikan rasa aman bagi wisatawan dalam berwisata di kawasan Danau Toba.

Mantan Kapolda Sulut yang sangat peduli dengan Danau Toba itu menambahkan, jika destinasi pariwisata super prioritas bisa diwujudkan akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

Para kapolres dan kapolsek di kawasan Danau Toba juga diingatkan Panca untuk tanggap terhadap keamanan wisatawan.

Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto menambahkan pihaknya siap menjamin rasa aman bagi wisatawan di kawasan Danau Toba khususnya di wilayah Kabupaten Simalungun. (red/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini