Disambut Wali Kota Bobby, PLTU Pangkalan Susu Akan Olah Sampah TPA Terjun Jadi Bahan Bakar

Sebarkan:

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyambut kunjungan managemen PLTU Pangkalan Susu. (foto:mm/ist)
MEDAN - Wali kota Medan Bobby Nasution menyambut baik sekaligus mendukung tawaran dari PLTU Pangkalan Susu untuk mengelolah dan memanfaatkan sampah di TPA Terjun untuk dijadikan sebagai bahan bakar jumputan padat untuk cofiring pembangkit listrik tenaga uap.

Dukungan ini disampaikan Wali Kota Bobby ketika menerima audiensi Managemen PLTU Pangkalan Susu di Kantor Wali Kota Medan, Selasa (4/1/2022).

General Manager PLTU Pangkalan Susu, Trisno Widayat menyampaikan ketertarikanya untuk menjalin kerja sama dengan Pemko Medan dalam hal pengelolaan sampah menjadi bahan bakar.

Dikatakan Trisno, alur produksi pembangkit listrik yang dilakukan PLTU Pangkalan Susu, sampah yang ada di TPA Terjun dapat digunakan sebagai bahan bakar.Untuk itu pihaknya meminta izin ke Pemko Medan untuk melakukan penelitian dan uji coba. "Dengan adanya PLTU Pangkalan Susu ini maka sampah yang ada di TPA terjun dapat kami manfaatkan," ujarnya.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyambut baik tawaran yang disampaikan oleh managemen PLTU Pangkalan Susu untuk mengelolah sampah yang ada di TPA Terjun dengan menjadikanya sebagai bahan bakar. Akan tetapi Bobby Nasution berpesan agar PLTU Pangkalan Susu bersungguh-sungguh dalam melakukan pengelolaan dan pengembangan.

"Kami sangat mendukung sekali, namun yang perlu disepakati adalah komitmen dalam pengelolaan sampah, jangan sampai TPA Terjun ini hanya sebagai tempat penelitian saja tetapi harus dikembangkan"kata Bobby Nasution.

Apabila nantinya telah disepakati, Bobby Nasution ingin PLTU Pangkalan Susu harus dapat menjadi buyer. Artinya PLTU Pangkalan Susu harus memanfaatkan sampah yang ada sehingga memberikan keuntungan bagi Pemko Medan dan PLTU Pangkalan Susu.

"Saya ingin hasil riset ini nantinya dapat betul-betul bermanfaat bagi PLTU dan Pemko Medan sendiri,"pesan Bobby Nasution didampingi Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Khairul Syahnan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Zulfansyah Ali Saputra, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Syarifuddin Irsan Dongoran, dan Kabag Kerjasama, Ummy Wahyuni.(red/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini