Bunda Paud Batubara, Maya: Parental Control Kunci Sukses Masa Depan Anak

Sebarkan:

Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus bersama Bunda PAUD Batubara Maya Indriasari Zahir dalam kegiatan sosialisasi pola asuh anak. (foto:mm/ist)
BATUBARA - Pola asuh orang tua adalah keseluruhan interaksi bersama anak. Orang tua berperan menstimulasi anaknya dengan mengubah sikap, perilaku, memberikan perhatian, peraturan, kedisiplinan, reward dan funismant, pengetahuan dan tanggapan terhadap keinginan anaknya, serta nilai-nilai yang dianggap tepat oleh orang tua.

Pesan ini disampaikan Bunda Paud Batubara, Maya Indriasari Zahir dalam sosialisasi edukasi pola asuh bagi Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina Kecamatan se-Batubara, di aula TK Swasta Al Ihya, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Rabu (9/2/2022).

Pola asuh anak diawali/dimulai dari keluarga, lingkungan tempat tinggal atau bimbingan orang tua (parental control) yang memiliki peranan penting dalam mendampingi anak. Hal ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang, ceras, berakhlak mulia. "Lingkungan keluarga sangat penting, dimana ada interkasi yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak," kata Maya.

Sesuai keinginan semua orang tua yang menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya."Keinginan yang terbaik ini akan ditanamkan orang tua kepada anak-anaknya  untuk menjadi yang terbaik," tegas Maya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batubara menerangkan, tahun 2021 Bupati Ir.H.Zahir MAP, menetapkan berdirinya TK Negeri Pembina Kecamatan. Bupati berkeinginan TK Negeri Pembina menjadi TK/PAUD rujukan. "Bupati berharap TK Negeri Pembina akan menjadi Tk rujukan yang berkualitas melahirkan generasi-generasi emas Batubara masa depan," kata Ilyas.

Sosialisasi yang disampaikan Ketua Bunda Paud Batubara, sambung Ilyas, yaitu pola asuh yang dimulai dari lingkungan keluarga (orang tua), Paud, TK hingga SD. 

Pada dasarnya bimbingan orang tua (parental control) yaitu bagaimana orangtua mengontrol, membimbing, dan mendampingi anak-anaknya untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangannya menuju pada proses pendewasaan, sehingga perkembangan emosi merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi  keberhasilan (kesuksesan) di masa depan.

Kegiatan sosialisasi dihadiri Ketua Pokja Bunda Paud Kab Erlina Yusuf, Ketua yayasan Al lhya Ahmad syabran, Tanjung gading, Kabid PNFI Syafrial, Ketua IGTK Kab Esti, Ka. TK Negeri Pembina Kecamatan se-Batubara. (zein/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com