Maya Zahir Targetkan Batubara Zero Stunting

Sebarkan:

Ketua TP PKK Batubara Maya Zahir memberikan sertifikat edukasi pra nikah bagi calon pasangan pra nikah. (foto:mm/ist)
LIMAPULUH - Ketua TP PKK Batubara Maya Indriasari Zahir memberikan edukasi pra nikah bagi calon pengantin di kantor KUA Limapuluh. Maya menargetkan Batubara ke depan zero stunting.

Kegiatane dukasi pranikah dihadiri koordinator stunting Batubara, Fadly, Kepala LUA Limapuluh, pengurus PKK Batubara dan para calon pengantin.

Maya Zahir mengatakan, edukasi pra nikah bertujuan berbagi ilmu kepada calon pengantin akan pentingnya mengurus keluarga untuk mencegah stunting, termasuk cara mengatasinya. 

Dijelaskan Maya, stunting adalah balita yang kekurangan gizi kronis, dan jika dibiarkan akan berdampak kepada perkembangan otak dan tumbung kembang anak.

Dengan adanya edukasi ini, maka pasangan pengantin mengenai bahaya stunting, agar bisa mengetahui tahapan-tahapan kehamilan serta bagaimana prosedur penanganan kehamilan yang baik dan benar. "Saat ini angka stunting di Batubara mencapai 23 persen. Kita berharap adanya edukasi ini akan menjadikan Batubara zero stunting," harap Maya.

Isu stunting di Indonesia menjadi sorotan pemerintah. Sehingga Pemkab Batubara berupaya mencegah dan menurunkan angka stunting di Batubara dengan mengedukasi para calon pengantin yang akan menikah. 

"Sebenarnya untuk cegah stunting ini bisa dimulai dari remaja dengan mengonsumsi tablet tambah darah, karena setiap bulannya wanita mengalami menstruasi. Ini merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan kehamilan, agar calon ibu tetap sehat saat melahirkan dan menyusui. Selain itu juga Ibu hamil harus menjaga nutrisi yang diterima tubuh," ungkap Maya.

Koordinator Stunting Batubara, Fadly mengatakan, stunting merupakan program Nasional dan Dunia. Indonesia termasuk ke dalam 4 besar negara yang angka stuntingnya cukup tinggi. Untuk itulah Ketua TP PKK Batubara Maya Zahir sangat konsen dalam penanganan stunting, salah satunya dengan mengadakan program edukasi kepada para calon pengantin. 

Mewujudkan generasi sehat dan berkualitas, Maya Zahir  juga mengukuhkan para Duta Tablet Tambah Darah untuk siswi-siswi SLTA di  Kabupaten Batu Bara. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian edukasi pada para calon pengantin.

Program edukasi untuk para calon pengantin, merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Batu Bara dalam menargetkan zero stunting di Kabupaten Batubara sejalan dengan visi misi Bupati Zahir untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, dan spiritual masyarakat. (zein/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com