370 Calhaj Paluta Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Sebarkan:


Calon jemaah haji sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Gunung Tua. (foto:mm/yasir)
PALUTA  - Calon jemaah haji (Calhaj) beserta pendamping dan petugas kesehatan haji daerah Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) untuk tahun 2022 menjalani pemeriksaan kesehatan di Aula Puskesmas Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Kamis (24/3/2022).

Kadis Kesehatan Paluta, dr Sri Prihatin Harahap melalui Kabid P2P dr Afrida Henny Simamora mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan ini dijadwalkan akan selesai selama 2 hari yakni 23-24 Maret. 

“Namun begitu, kita akan menjadwalkan penambahan waktu lagi, sebagai antisipasi jika memang ada jemaah yang belum sempat menjalani pemeriksaan di hari yang kita jadwalkan,” jelasnya.

dr Afrida menjelaskan calon jemaah haji yang akan menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai dengan daftar yang diterima dari pihak Kemenag Paluta adalah sebanyak 370 orang, tenaga pendamping dan petugas kesehatan haji.

Ditambahkannya, selain menjalani pemeriksaan kesehatan, seluruh calon jemaah haji juga diberikan vaksinasi Covid-19 (Booster), karena sebelumnya sudah pernah divaksin obat imunisasi meningitis.

"Jadi penting bagi setiap jamaah untuk diberikan vaksin Covid-19 sebelum berangkat ke tanah suci dan ini juga merupakan salah satu prosedur standar yang harus dipenuhi setiap calon haji," katanya.

Dalam pemeriksaan ini, kata dr Afrida, jika terdapat calon haji yang menderita penyakit kronis seperti TBC dan penyakit lainnya, akan diberikan resep dan obat secara gratis bagi calhaj yang merupakan peserta BPJS kesehatan dan atau juga direkomendasi untuk dirujuk ke rumah sakit agar mendapat perawatan lanjutan sebelum keberangkatan haji.

Ia menyebutkan, dalam pemeriksaan ini pihaknya menurunkan puluhan dokter dan tenaga medis yang dibantu oleh paramedis dari Puskesmas Gunung Tua. Diharapkan para calon jemaah haji bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk kepentingan pemeriksaan kesehatannya itu. (yasir/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini