Pabrik Aqua Langkat Ajak Anak-anak SD dan Masyarakat Bersihkan Sampah Sungai Kukam

Sebarkan:

 


LANGKAT
- Pabrik Aqua Langkat mengajak Anak-anak SD, masyarakat dan tim SOI membersihkan sampah di bantaran Sungai Kukam Desa Pasar VI Kwala Mencirim Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Kegiatan gotong royong ini dilakukan dalam memperingati Hari Air Sedunia pada Selasa, 22 Maret 2022 bertemakan "Groundwater Making the invisible, visible" dengan memberikan edukasi kepada anak-anak sekolah dan masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian sumber air.

Sampah yang terkumpul dimasukkan ke dalam karung kemudian diangkut truk sampah dan dibawa ke bank sampah.

“Sungai Kukam ini tak jauh dari lokasi pemukiman dan biasanya dimanfaatkan masyarakat dan anak-anak untuk berbagai keperluan. Untuk itu, kita perlu secara bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitarnya, sehingga sungai Kukam ini dapat terus dimanfaatkan dengan baik," jelas Plt Camat Sei Bingai, Tuahta Gurusinga, Rabu (23/3/2022).

Kepala Desa Pasar VI Kwala Mencirim, Waris Suryadi yang ikut hadir pada acara peringatan Hari Air se-Dunia ini menekankan

"Kami mengharapkan kegiatan ini membentuk pola hidup bersih dan sehat di masyarakat Kwala Mencirim. Dengan demikian masyarakat akan menjadi terbiasa  untuk selalu merawat dan melestarikan lingkungan sekitar," katanya.

Stakeholder Relations Pabrik Aqua Langkat, Jimmi Simarangkir mengatakan upaya membangun kesadaran tentang kebersihan dan pelestarian lingkungan perlu dilakukan sejak usia dini.

"Oleh karena itu, kami dalam rangka berpartisipasi pada kampanye global Hari Air se-Dunia 2022, mengajak anak-anak sekolah dan masyarakat sekitar pabrik untuk secara bersama-sama membersihkan bantaran Sungai Kukam ini, karena sungai ini dimanfaatkan juga oleh masyarakat, termasuk anak-anak. Sungai yang bersih akan membuat semua pihak bahagia,” bebernya.

Ditambahkan Jimmi, melalui kegiatan ini diharapkan kesadaran masyarakat semakin meningkat untuk selalu bijak dalam menggunakan dan memanfaatkan air bersih, baik di sungai maupun di rumah masing-masing. "Air itu penting lho untuk kehidupan kita semua,” tuturnya.

Selain itu, para murid dari SD Namu Ukur dan SD Desa Pasar VI, Kwala Mencirim itu juga mendapat edukasi tentang pentingnya kebersihan di sepanjang Sungai Kukam, manfaat air bersih, dan ikut melestarikan lingkungan.

Aksi bersih di bentara Sungai Kukam kemudian dilanjutkan dengan lomba mewarnai poster Hari Air se-Dunia 2022. "Kegiatan ini melatih anak-anak membuat poster yang berisi ajakan kebaikan untuk menjaga sumber-sumber air yang ada di sekitar mereka. Selain itu, kegiatan ini juga ikut melatih motorik halus anak-anak dalam berkarya," tukasnya. (ay/mm)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini