Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT Asean, Ini yang Dibahas

Sebarkan:
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto/ist)
JAKARTA (MM) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) khusus negara-negara ASEAN dan Amerika Serikat. Kehadiran Jokowi pada KTT tersebut dikonfirmasi oleh akun Twitter resmi Kementerian Luar Negeri @Kemlu_RI.

KTT ASEAN dan Amerika Serikat akan diselenggarakan di kota Washington DC. KTT diselengarakan dua hari mulai dari tanggal 12-13 Mei 2022.

“Presiden RI akan hadir dalam ASEAN-US Special Summit di Washington DC, 12-13 Mei 2022,” tulis akun Twitter @Kemlu_RI dikutip Minggu (8/5/2022).

Dilansir dari situs resmi Kemlu RI, kemlu.go.id bahwa pertemuan ini akan membahas penanganan pandemi, kerja sama kesehatan, pendidikan, percepatan pemulihan ekonomi dan berbagai tantangan geopolitik kawasan dan global.

KTT Khusus ASEAN dan Amerika Serikat ini akan menjadi pertemuan fisik pertama antara pemimpin ASEAN dan Presiden AS sejak tahun 2017. Sebelumnya Presiden Biden hadir pada KTT ASEAN – AS ke-9 pada 26 Oktober 2021 secara virtual.

Amerika Serikat merupakan mitra strategis ASEAN. KTT Khusus kali ini, yang sekaligus menjadi perayaan 45 tahun kemitraan ASEAN – AS, merupakan momentum untuk memperkuat kemitraan tersebut.

Berdasarkan data Sekretariat ASEAN, Amerika Serikat merupakan mitra dagang kedua terbesar setelah RRT dan sumber investasi utama ke ASEAN dengan nilai investasi USD 35 miliar pada tahun 2020. Indonesia saat ini menjadi koordinator hubungan ASEAN dan Amerika Serikat. (ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini