Afandin Apresiasi Pansus DPRD Langkat dalam Menggali Potensi PAD

Sebarkan:
Plt Bupati Langkat  H. Syah Afandin, SH. (foto/ist)
LANGKAT (MM) - Plt Bupati Langkat  H. Syah Afandin, SH, menghadiri rapat Panitia Khusus Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Pansus PAD) DPRD di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Jumat (24/6/2022). 

Dalam rapat ini, Afandin memberikan apresiasi kepada DPRD Langkat yang telah membentuk Pansus PAD. Ia berharap Pansus PAD menjadi wadah saling bertukar informasi serta rekomendasi terkait permasalahan dan upaya peningkatan PAD Langkat.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Langkat selaku leading sektor dalam pengelolaan PAD bersama OPD terkait. Diminta menjadikan forum ini Pansus PAD sebagai langkah meningkatkan kinerja, sekaligus untuk memaparkan secara jelas kendala yang dihadapi, untuk selanjutnya dicari solusi terbaik dengan prinsip win-win solusion.

Afandin pun menegaskan apa yang menjadi harapan Pansus PAD DPRD Langkat, sesungguhnya harapan semua pihak untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Langkat.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Langkat, Sribana Perangin Angin SE menjelaskan dasar pelaksanaan kegiatan adalah surat keputusan DPRD Langkat nomor 5 tahun 2022 tanggal 4 Maret, tentang pembentukan Pansus PAD DPRD Kabupaten Langkat.

Menurutnya Langkat merupakan Kabupaten terluas di Sumut, mempunyai luas sekitar 6.263,29 Kilometer, terdiri dari 23 Kecamatan, 240 Desa dan 37 Kelurahan. 

Mempunyai banyak sektor untuk digali lagi yang dapat meningkatkan pendapatan daerah, antara lain dari sektor perkebunan, mineral bukan logam dan batuan, air  tanah dan dari sektor pariwisata.

Jadi, kata Sribana dengan APBD Langkat sebesar Rp1,9 triliun dan dengan nilai PAD sebanyak Rp120 miliar, belum terciptanya kemandirian dalam menggali PAD.

"Kemandirian ini adalah upaya kita agar tidak tergantung dari dana perimbangan baik Pusat maupun Provinsi untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah," sebutnya. "Jadi Pansus PAD DPRD Langkat untuk menggali berbagai potensi guna peningkatan PAD," terangnya menambahkan. 

Turut hadir Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin M.Kes MM, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dr Donny Setha ST SH MH, Ketua Pansus PAD DPRD Kabupaten Langkat Pujianto SE, para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta para kepala perangkat daerah dijajaran Pemkab Langkat. (mm/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini