Bupati Paluta Pimpin Apel Simulasi Penanganan Karhutla

Sebarkan:

Bupati Paluta Andar Amin Harahap (kanan) dan Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj (kiri) mencoba mengoperasikan alat pemadam kebakaran saat acara simulasi penanganan karhutla. (Foto: mm/Yasir Harahap)
PALUTA (MM) -Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap memimnpin apel kesiapsiagaan dan simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Mapolres Paluta, Rabu (8/6/2022).

Apel kesiapsiagaan dan simulasi Karhutla bekerjasama dengan Polres Tapsel, dihadiri Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Danyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sumut Kompol Buala Zega, Dandim 0212/TS diwakili Pabung Mayor (INF) Takbir Dahilu.

Kegiatan apel diikuti oleh personil BPBD Paluta, Manggala Agni, TNI/Polri, Dinkes, Satpol PP dan Damkar, pihak perusahaan di wilayah Paluta.

Bupati Andar Amin Harahap, mengatakan, pengendalian Karhutla ini merupakan program pemerintah pusat dengan arahan presiden pada rapat nasional penanggulangan Karhutla beberapa waktu lalu yakni mengutamakan pencegahan Karhutla, infrastruktur pemantauan dan pengawasan harus sampai ke tingkat bawah, mencari solusi yang permanen, penataan ekosistem gambut, tanggap dan cepat merespon jika terdapat titik api sehingga tidak membesar dan penegakan hukum yang tegas.

“Apel kesiapsiagaan ini untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana serta jumlah kekuatan personel sehingga ketika terjadi Karhutla sudah siap,” ujarnya.

Untuk mencegah terjadinya Karhutla, sambung Andar, ada beberapa poin penting yang harus dilakukan seperti, memprioritaskan pencegahan melalui hotspot dan gencar lakukan patroli serta edukasi masyarakat. Pengontrolan harus sampai tingkat bawah dan kades, tokoh masyarakat dan tokoh agama dan semua pihak diharapkan mencari solusi untuk menangani Karhutla.

Tidak hanya itu saja, Bupati juga mengimbau agar melakukan penataan lahan gambut harus terus dilaksanakan dan jangan membiarkan api membesar serta melakukan penegakan hukum tanpa kompromi.

“Kepada seluruh personil, tetap semangat dan solid. Terima kasih atas dedikasi perjuangan dalam pencegahan dan penanganan Karhutla dengan mencanangkan langit biru di bumi Balakka yang sama-sama kita cintai ini. ‘Jangan pulang sebelum padam’,” tandasnya.

Usai apel, Bupati Andar didampingi Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj memimpin pelaksanaan simulasi penanganan bencana Karhutla dengan ikut serta memadamkan api.

Selain melakukan simulasi pemadaman api, kegiatan juga dirangkai dengan simulasi penanganan dan evakuasi masyarakat korban Karhutla oleh tenaga kesehatan dan penangkapan warga yang melakukan pembakaran lahan oleh personil Polres Tapsel.

Kegiatan juga dirangkai dengan peninjauan 5 posko yakni posko logistik, posko terpadu, dapur umum, posko kesehatan dan posko pengungsi.

Sementara itu, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj saat membubarkan apel berpesan kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran saat membersihkan ladang, kebun atau saat membuka lahan baru.

"Karena, pelaku pembakaran hutan dan lahan dapat dikenakan sanksi pidana," katanya.

Tampak hadir dalam kegiatan Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap, Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH, Asisten, pimpinan OPD beserta Kabag di lingkungan Pemkab Paluta, Danramil 05 PB, Kapolsek Padang Bolak, camat beserta undangan lainnya. (Ahmad Yasir Harahap)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini