Diresmikan Wali Kota, RSU Sibolga Luncurkan Layanan Darurat ‘siLAKE’

Sebarkan:

Wali Kota Sibolga melepas ambulance RSU Sibolga layanan unggul "siLAKE". (foto:mm/jhonny)
SIBOLGA (MM) - Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum (RSU) Ferdinand Lumban Tobing (FL Tobing) Sibolga meluncurkan layanan unggulan terbaru "siLAKE (Siaga Layanan Ambulance Gratis Pake". Layanan berupa ambulance gratis ini untuk menjawab kebutuhan darurat pasien di rumah. 

Grand opening dilakukan langsung Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, di pelataran RSU FL Tobing Sibolga pada Jumat (29/7/2022) menjelang siang. Ditandai dengan penyematan rompi kepada petugas medis dan pelepasan sejumlah mobil ambulance yang akan dipergunakan untuk menjemput pasien darurat ke rumah-rumah. 

Kegiatan itu dihadiri Wakil Ketua dan anggota DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumory, Selvia Kristian Purba, Rivorman Saleh Manalu, Mandapot Pasaribu serta Kepala RSU FL Tobing, Hotma Hutagalung.

Juga hadir, Kadis Kesehatan, Firmansyah Hulu, Kadis KB, Richard Pangaribuan, Kadis Kominfo, Sofyan Nasution, serta para dokter spesialis, dokter umum, perawat, dan para Lurah serta Kepala Lingkungan (Kepling).

Dalam arahannya, Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, menyambut baik peluncuran layanan unggulan "siLAKE" untuk menjawab kebutuhan layanan darurat pasien di rumah tersebut. Namun diharapkan, program layanan unggulan tersebut berjalan baik, tidak sebatas slogan/ceremonial. 

"Sehingga ketika dihubungi/di telepon oleh yang membutuhkan, petugas bisa langsung mengangkat dan menjawabnya. Jangan pula sebaliknya. Itu percuma. Maka itu, kita tekankan agar dibuat tempat khusus call centernya, sehingga kapan saja ditelepon, bisa langsung diangkat dan pasiennya dijemput," tegas Jamaluddin. 

Kepala BLUD RSU FL Tobing, Hotma Hutagalung mengatakan, untuk memanfaatkan layanan darurat tersebut, masyarakat/warga yang membutuhkan cukup menghubungi call center RSU FL Tobing di nomor 081262006846. 

"Petugas kesehatan akan langsung bertanya nama dan tempat tinggal pasien dan kemudian akan langsung menuju lokasi melakukan penjemputan dan pemeriksaan awal. Layanannya 24 jam," tutur Hotma. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumory, selain menyampaikan dukungnya dari DPRD Sibolga atas peluncuran layanan darurat RSU FL Tobong. 

Ia juga memberikan apresiasi berupa plakat penghargaan kepada Kepala Puskesmas Pintu Angin Sibolga karena terbanyak merujuk pasien berobat ke RSU FL Tobing dan bukan ke rumah sakit daerah lain. "Ini perlu dicontoh oleh puskesmas-puskesmas lainnya yang ada di Sibolga ini," tukas Jamil. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini