Kembali Bertemu, Elit Gerindra-PKB Bahas Piagam Deklarasi

Sebarkan:

Prabowo Subianto bersama Gus Muhaimin. (foto/dok)
JAKARTA (MM) – Kerjasama Gerindra dan PKB terus menunjukkan langkah maju. Kedua elit partai politik tersebut kembali bertemu untuk membahas butir-butir Piagam Deklarasi Koalisi yang akan diresmikan dalam waktu dekat. 

"Alhamdulillah, kami kembali bertemu untuk membahas butir-butir Piagam Deklarasi Koalisi yang memuat visi, misi, dan latar belakang kenapa kami harus bekerja sama dalam menghadapi Pemilu 2024. Ini penting karena kami tidak ingin Kerjasama kami ini hanya sekadar pragmatism politik, tetapi lebih dari itu, kami ingin koalisi kami benar-benar untuk memberi opsi kemanfaatan lebih besar bagi Indonesia,” ujar Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda, Selasa (26/7/2022). 

Dari informasi yang dihimpun pertemuan tersebut digelar di salah ssatu tempat di kawasan Jakarta Selatan. Dari pihak Gerindra hadir Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum Sugiono dan Ketua DPP Gerindra Prasetyo. Sedangkan dari PKB hadir Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua DPP PKB Fathan Subchi, Bendahara DPP PKB Bambang Susanto dan Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda. 

Huda mengatakan Piagam Deklarasi ini penting karena menjadi pondasi kerjasama bagi Gerindra dan PKB. Dalam Piagam Deklarasi tersebut juga akan disinggung langkah-langkah Kerjasama politik yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak.

“Piagam Deklarasi ini seperti konstitusi yang menjadi landasan kerja sama para pihak yang nantinya akan diterjemahkan dalam kesepakatan lebih detail di kemudian hari,” katanya. 

Dia juga mengungkapkan dalam pertemuan tersebut juga dibahas tentang waktu peresmian deklarasi. Sesuai budaya nusantara, pemilihan waktu ini dihitung dengan cermat sehingga memenuhi unsur kebaikan baik dari sisi spiritual maupun sisi taktis politisnya.

“Kami benar-benar meniatkan kerja sama ini sebagai hal baik sehingga kita hitung secara cermat dari berbagi dimensi sehingga nantinya hasilnya juga baik untuk Indonesia,” katanya. 

Kendati demikian, Huda belum bersedia membocorkan kapan waktu peresmian deklarasi tersebut. Dia hanya menyebut jika peresmian deklarasi tersebut tidak akan lewat dari Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022 mendatang. “Kita belum bisa sampaikan waktu tepatnya, tetapi Insyaallah tidak akan jauh dari Perayaan HUT Kemerdekaan kita,” katanya. 

Sebelumnya isu koalisi Gerindra dan PKB mengemuka setelah pertemuan Ketua Umum DPP Gerindra dan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar di Kertanegara, Sabtu (18/6/2022). Dalam pertemuan tersebut baik Prabowo maupun Muhaimin Iskandar menegaskan kecocokannya dalam bekerja sama dalam menghadapi Pemilu 2024. 

Pertemuan ini kemudian ditindaklanjuti pertemuan elit kedua partai di Hotel Mulia pada Rabu (22/6/2022).  Kerjasama dua belah pihak semakin kokoh saat digelarnya pertemuan antara pengurus pusat dan pengurus wilayah masing-masing partai di Gedung Senamata, Kwitang, (30/6/2022). (mm/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com