Satgas PMK Lakukan Vaksinasi Dosis I Hewan Ternak di Madina

Sebarkan:

Tim Satgas PMK Madina lakukan vaksinasi hewan ternak.(foto/ist)
MADINA (MM) - Mengantisipasi mewabahnya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara (Sumut) melakukan vaksinasi dosis pertama pada hewan ternak masyarakat.

Vaksinasi pertama ini dilaksanakan di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Kotanopan  dan Muara Sipongi.

Kapolres Madina AKBP. HM.Reza C.A.S, didampingi Waka Kompol Agus Maryana, dan PJU, Kadis Pertanian Siar Nasution SP serta unsur Forkopimcam ikut serta dalam pemberian vaksinasi ini. Dikatakannya,  saat ini dosis vaksin yang sudah tersedia untuk Madina ada 400 dosis. "Yang kita laksanakan hari ini didua Kecamatan masing-masing dibagi 100 dosis untuk satu Kecamatan," ungkap Kapolres, Jumat (15/7/2022).

Sementara Kadis Pertanian Siar Nasution SP dalam satu bulan kedepan pihaknya akan kembali melakukan vaksinasi dosis kedua. "Sesuai informasi dari Privinsi Sumut dalan 30 hari itu wajib vaksin ke dua, dan ini juga nanti akan ada vaksin booster," terang Siar.

Sementara untuk hewan sapi yang ada di Madina ada sekitar 2000 ekor, namun jumlah dosis vaksin yang baru diterima masih 400. "Seharusnya kita mendapat 2000 dosis namun karena keterbatasan baru sekitar 400 dosis yang diterima," katanya.

Lebih jauh Siar menyampaikan saat ini PMK pada hewan sapi tidak ada lagi ditemukan, akan tetapi ia berharap kepada peternak jika nanti menemukan gejala agar secepatnya melaporkan kepada penyuluh.

"Ini yang kita harapkan jika menemukan gejala agar secepatnya melaporkan agar cepat kita tangani, tetapi bila terlambat ini yang membuat virus PMK berkembang," tutupnya. (fadli)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com