Panduan Berpakaian Smart Casual dengan Gomuda

Sebarkan:
Gomuda - Crewneck Knitwear.
BANDUNG (MM) - Let’s get one thing out of the way first: berpakaian smart-casual tidak harus mahal. Meskipun Anda dapat menghabiskan banyak uang untuk barang-barang desainer dan barang-barang mewah jika Anda mau, Anda tidak harus melakukannya.

Istilah smart-casual merupakan referensi untuk kode berpakaian ala Barat yang informal dan pada umumnya santai dengan memilih beberapa komponen pakaian yang tepat dan cerdas. Pakaian smart-casual adalah perpaduan antara tampilan trendi dan estetis, tetapi dengan banyak perpaduan selera dan gaya.

Keanggunan pakaian bergaya smart-casual harus membuat Anda merasa clean dan simple, sehingga bagi mereka yang melihat tampilan Anda dapat menikmati keindahan dari tiap potongan pakaian yang dipadupadankan dengan baik.

Kode berpakaian smart-casual sedikit kurang formal daripada kode pakaian business-casual; namun, tampilannya jauh lebih rapi dan lebih serius daripada hanya mencocokkan beberapa barang acak yang casual.

Disarankan untuk mengenakan pakaian berkualitas yang membuat Anda terlihat elegan; potongan-potongannya berkualitas baik tetapi tetap casual. Penampilan keseluruhan memanifestasikan gaya, ketajaman, dan kecanggihan. Tampilan elegan namun nyaman ini dimaksudkan agar mudah dipakai dan serbaguna, memungkinkan pria untuk mengenakan banyak pakaian yang sama sehari-hari dalam berbagai cuaca.

Selain kepekaan akan fashion yang tinggi dan selera berpakaian yang bagus, satu-satunya batasan hanyalah imajinasi Anda.

Jika Anda diundang ke acara yang menyerukan pakaian smart-casual dan Anda bertanya-tanya apa artinya, panduan ini cocok untuk Anda, tetapi Anda tidak boleh membatasi pakaian smart-casual hanya untuk acara-acara khusus.

Untuk inspirasi dan ide tentang cara melakukan tren fashion ini, kami telah menyusun panduan lengkap pakaian smart-casual untuk pria. Check this out!

Blazer

Blazer adalah pilihan yang tepat untuk gaya berpakaian smart-casual karena dapat dikenakan dalam berbagai cara. Blazer bagus dalam penampilan sederhana dan dapat dilapisi dengan sweater untuk pakaian yang lebih kompleks secara visual – yang biasa disebut layering. Untuk smart casual, jauhi blazer yang terlalu formal. Anda akan membutuhkan blazer yang tidak 

memiliki bantalan bahu dan struktur yang lebih sedikitsecara keseluruhan. Model tersebut akan menjaga esensi smart dari blazer tanpa terlihat terlalu kaku.

Sepatu

Saat berpakaian smart-casual, Anda memiliki kebebasan yang besar dengan pilihan sepatu Anda. Gunakan sepatu dengan bahan kain alternatif seperti suede agar tidak terlihat tidak pada tempatnya. Ini adalah kesempatan bagus untuk memadukan sepatu yang berbeda dengan beberapa bagian yang mungkin belum pernah Anda coba sebelumnya. Dalam beberapa tahun terakhir, sepatu kets semakin sering dipasangkan dengan pakaian yang lebih formal. Anda dapat menemukan sepatu kets minimalis berbahan kulit agar tetap terlihat seimbang.

Chinos

Chinos adalah pondasi utama untuk pakaian smart-casual dan tersedia dalam berbagai gaya dan potongan. Celana chino dapat didandani untuk tampilan kasual atau untuk menciptakan gaya semi formal. Gunakan celana chino berwarna khaki, hitam, abu-abu, zaitun, atau cokelat sebagai pakaian pembuka dan Anda dapat mengenakan kode pakaian smart-casual di mana saja. Padukan beberapa warna pastel seperti sage green untuk membuat tampilan trendi yang tetap bisa didandani.

T-Shirt

Anda harus memastikan bahwa T-shirt Anda pas dengan detail yang halus dan harus sesuai dengan nada keseluruhan pakaian Anda. Misalnya, slub tee yang menggantung bebas mungkin lebih cocok dengan jeans tertipis Anda sementara t-shirt berbahan katun yang menonjolkan lengan Anda akan terlihat lebih baik dengan celana khaki dan sepatu boots. Anda harus memilih T-shirt sederhana, solid, atau berwarna sehingga dapat dipadukan dengan banyak pakaian. Cari variasi t-shirt halus untuk menambahkan detail yang mudah diingat. Kerah tinggi atau keliman bergigi dapat membuat T-shirt biasa menjadi bagian yang menonjol jika dikenakan dengan benar.

Sweater

Sweater dapat membantu Anda menerapkan kode berpakaian smart-casual. Cobalah sweater yang lebih tebal untuk menambahkan kepribadian pada pakaian Anda sambil membuat Anda tetap hangat. Turtleneck atau turtleneck tiruan tampak bagus dengan lapisan di bawah jaket terbuka sederhana atau blazer. Sweater cardigan adalah pilihan yang bagus saat ingin mengganti jaket Anda. Kenakan cardigan di atas t-shirt sederhana untuk tampilan kasual yang tetap memberikan kesan kutu buku yang elegan. Ada rollneck sweater, sweater berkerah selendang, sweater dengan ritsleting, sweater wafel, dan sweater berkancing; kemungkinannya tidak terbatas.

Vest

Vest adalah rompi tanpa lengan yang bisa dibuat dari berbagai bahan. Ada beberapa jenis rompi: rompi sweater adalah sweater tanpa lengan, rompi mengembang atau rompi berlapis dapat menjadi bentuk pakaian luar, dan rompi pas adalah elemen setelan tiga potong ikonik dalam pakaian formal. Rompi mungkin tanpa kancing dan dibiarkan terbuka untuk tampilan informal, atau Anda dapat mengancingkan rompi di tengah sebagai bagian dari pakaian. Anda juga bisa mengenakan rompi sebagai pakaian berkelas untuk keluar malam dengan rompi abu-abu muda di atas kemeja putih atau biru tua.

Berikut adalah beberapa rekomendasi item yang dapat digunakan untuk menonjolkan tampilan smart-casual. Anda dapat menciptakan tampilan yang lebih modis dan smart dengan memadukan pakaian kasual sehari-hari Anda dengan pakaian yang lebih canggih dan elegan, seperti kemeja kerah dan jaket.

Penampilan smart casual baru ini bisa terlihat elegan dan estetis jika dilakukan dengan benar. Faktanya, smart casual tidak didefinisikan; yang artinya, itu bisa berarti apa saja.

Jika Anda ragu tentang smart casual, ada baiknya untuk berpakaian sedikit lebih formal. Dengan cara ini, Anda dapat yakin bahwa Anda berpakaian dengan benar dan tetap memancarkan aura percaya diri yang santai. (red/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com