Tahun ini, Pemkot Sibolga Gelontorkan Rp3 Miliar untuk Rehabilitasi Jalan di Atas Laut

Sebarkan:

Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Maruba Lumban Tobing meninjau lokasi jalan permukiman di atas laut, Kamis (8/9/2022). (foto:mm/jhonny simatupang)
SIBOLGA (MM) - Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga menggelontorkan anggaran sebesar Rp3 miliar lebih di Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) 2022 untuk memperbaiki/merehabilitasi sejumlah ruas gang atau jalan rusak dipermukiman warga di atas laut.

Seluruh ruas jalan yang akan diperbaiki itu tersebar di tujuh titik di wilayah Ketapang, Pintu Angin, dan Panomboman, di Kelurahan Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara.

Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Maruba Lumban Tobing mengatakan, perbaikan ruas jalan di tujuh titik itu seturut dengan kondisinya yang sudah memprihatinkan atau urgent untuk diperbaiki. Sekalipun seluruh ruas jalan di atas laut lainnya di tiga wilayah itu (Ketapang, Pintu Angin, dan Panomboman) juga membutuhkan perbaikan.

"Artinya, ruas jalan rusak di atas laut di tiga wilayah itu sebenarnya ada 17 titik, tetapi yang betul-betul rusak tujuh titik. 10 titik lagi, kita lihat perkembangannya ke depan," kata Pantas usai meninjau ruas jalan rusak di atas laut yang akan diperbaiki tersebut, Kamis (8/9/2022).

Pantas yang dalam peninjauan itu didampingi anggota DPRD Sibolga, Herman Sinambela, Kadis Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) Sibolga, Arif Rahman, dan perangkat Kecamatan Sibolga Utara, pada prinsipnya tidak memungkiri jika perbaikan ruas jalan rusak di atas laut itu, utamanya selain untuk mendukung kelancaran transportasi dan perekonomian masyarakat yang tinggal di atas laut, adalah untuk mencegah serta meminimalisir korban jiwa. 

"Terlebih seluruh ruas jalan setapak di atas laut di wilayah itu sudah termakan usia, karena dibangun sekitar 14-16 tahun silam di masa kepemimpinan almarhum Sahat P Panggabean sebagai Wali Kota Sibolga," tukas Pantas. 

Kadis PUPR Sibolga, Arif Rahman mengungkapkan, perbaikan ruas jalan setapak di atas laut yang akan dilakukan oleh Pemkot Sibolga tahun ini, sesuai usulan yang disampaikan oleh pihak kecamatan dan kelurahan berdasarkan permintaan masyarakat.

"Mudah-mudahan bisa kita realisasikan di P-APBD 2022 ini dan berlanjut sampai masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing," kata Arif singkat. 

Pantauan MedanMerdeka.com, dalam peninjauan itu, Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Maruba Lumban Tobing, juga menerima masukan dari masyarakat Ketapang, Pintu Angin, dan Panomboman, yang bermukim di atas laut. 

Warga bahkan terlihat senang dengan kunjungan yang lakukan Pantas bersama anggota DPRD, Herman Sinambela tersebut. Terlebih empat bulan lalu, atas kunjungan Pantas, Pemkot Sibolga berhasil memperbaiki jalan di atas laut di Panomboman yang rusak diterjang ombak. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com