Dorong UMKM - Pariwisata Samosir, BI Gelar Toba Jou Jou Festival 2022

Sebarkan:
Kepala BI Sumut Dody Zulferdi, bersama rombongan memasuki Toba Jou Jou Festival 2022 di Samosir. (foto:mm/jhonny simatupang)
SAMOSIR (MM) - Toba Jou Jou Festival 2022 dalam rangka mendorong pelaku UMKM dan Pariwisata dalam mendukung momentum pemulihan ekonomi nasional (PEN) kembali di gelar di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. 

Kolaborasi Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sumut, KPw BI Sibolga dibuka langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno diselenggarakan selama dua hari, Senin dan Selasa (17-18/2022) di Kampung Ulos Huta Raja, Dusun Pardamean, Desa Lumba Suhisuhi Toruan, Kecamatan Panguruan. 

Kepala KPw BI Sumut, Dody Zulferdi mengatakan, pelaksanaan Flagship Event Toba Jou-Jou Festival 2022 ini tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi yang apik dari berbagai kementerian dan lembaga terkait, serta pemerintah daerah (Pemda). Kegiatannya dicanangkan untuk mendukung serta mendorong pelaku UMKM dan pariwisata dalam mengoptimalkan momentum pemulihan ekonomi nasional.

Toba Jou-Jou Festival juga merupakan program sinergi untuk meningkatkan animo dan dukungan semua pihak terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) serta Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), yang diperkuat dengan implementasi QRIS/sistem pembayaran non-tunai dalam mendukung pelaku UMKM dan Pariwisata agar terciptanya ekosistem pembayaran yang inklusif.

Pengembangan yang dilakukan BI ucap Dody, antara lain program binaan kepada kelompok tenun Hutaraja, seperti peningkatan kapasitas dan korporatisasi. Bantuan yang diberkan berupa peralatan dan perlengkapan dukungan terhadap unit usaha Gallery Ulos dan Coffee Shop. 

Disamping desa pariwisata, BI juga turut melakukan pengembangan pada pariwisata berbasis alam, yakni Bukit Holbung dengan bantuan berupa Tourism Information Center serta digitalisasi pembayaran dengan menggunakan QRIS. Berbagai program sinergi yang telah dilakukan bersama tersebut merupakan sebuah milestones atau batu lompatan menuju perekonomian yang lebih baik.

"Harapan ke depannya akan semakin luas program kerja sama kita bersama untuk pemulihan ekonomi dan spot pariwisata unggulan Indonesia di mata dunia,” tukas Dody. 

Bupati Samosir, Vandiko T Gultom. Vandiko yang juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BI Sumut dan Sibolga yang telah menggelar kegiatan di Samosir, berharap kepada masyarakat Samosir untuk proaktif berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan dan melestarikan wisata dan kepariwisataan Samosir. Begitu juga kepada para pelaku UKM di Samosir. 

"Mari semua bergandeng tangan untuk meningkatkan kebudayaan dan kepariwisataan serta perekonomian di Samosir ini," ucapnya. 

[cut]

Kepala BI Sibolga, Yuliansyah Andreas, Anggota Komisi 11 DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, dan Bupati Samosir, Vandiko T Gultom, foto bersama dengan penerima bantuan PSBI di acara Toba Jou Jou Festival 2022 di Samosir, Senin (17/10/2022). (foto:mm/jhonny simatupang)
Sebelumnya, Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansyah Andreas dalam laporannya menyebutkan, dalam mendukung pelaku usaha UMKM serta pariwisata dalam memaksimalkan momentum PEN, pihaknya telah menyusun tiga strategi dalam pelaksanaannya, antara lain Pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas, Pengembangan Pelaku UMKM Pendukung Pariwisata, dan Perluasan Digitalisasi Sistem Pembayaran. 

"Ketiga strategi dituangkan dalam tiga kegiatan utama yakni Toba Jou Jou Show, Fair dan Forum," kata Yuliansyah. 

Toba Jou Jou Show, fokus pada kegiatan ceremony & competition, dengan rangkaian opening ceremony berupa Penyerahan dan Peresmian Program Sosial Bank Indonesia dalam rangka Dedikasi Untuk Negeri, Launching the New Hutaraja, Fashion Show Wastra Lokal, serta Pelaksanaan Gerakan Tanam Bersama dan Pengendalian Inflasi Pangan.

Promotion & Business Matching diangkat dalam kegiatan Toba Jou Jou Fair dengan rincian program UMKM Expo, Business Matching Ekspor & Pembiayaan UMKM, Festival Kopi Samosir, Cinta Bangga Paham (CBP) & AR Rupiah, serta QRIS/digital payment.

"Sebagai pelengkap strategi kami juga menghadirkan Toba Jou Jou Forum yang fokus dalam Talkshow & Dissemination dengan topik Pengembangan Desa Wisata Kelas Dunia Berbasis Community Development, Strategi Hilirisasi Produk Tenun Ulos, Tata Cara Ekspor dengan Mudah serta Diseminasi Hasil Penelitian mengenai Pengembangan Desa Wisata yang merupakan kerja sama antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga dengan Politeknik Pariwisata Medan," pungkas Yuliansyah.

Sementara itu, dalam rangka mendukung gerakan pengendalian inflasi melalui Gerakan Tanam Bersama Komiditas Cabai Merah di Samosir, BI melalui Kepala KPw BI Sumut, Dody Zulferdi, pada kesempatan itu menyerahkan Mockup secara simbolis kepada Bupati Samosir, Verdiko T Gultom. 

Selain itu juga, memberikan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa sarana dan prasarana galery ulos dan Coffe Shop di Hutaraja kepada Badan Usaha Desa Wisata Lumban Suhisuhi Toruan, dan bantuan Tourism Information Center (TIC) Bukit Holbung kepada Badan Usaha Milik Desa Hariara Pohan, serta bantuan Pembangunan Rumah Produksi Andaliman kepada Pusat Kegiatan Berbasis Masyarakat (PKBM) Unity. 

Selanjutnya dilakukan penandatanganan Bussniss Matching Export antara Poktan Dosroha dengan PT Mio dan penandatanganan kerja sama pembiayaan antara Dame Ulos dan BNI.

Acara Toba Jou Jou Festival 2022 ini berlangsung cukup dimeriahkan dengan dihadiri artis Batak yang telah menasional dan mendunia, Marsada Band dan Vicky Sianipar feat Alsant Nababan dan Ogar Nababan. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com