Bupati Asahan Launching Aplikasi SIKAS dan Tutup Virtual Asahan Job Fair 2022.

Sebarkan:
Bupati Asahan H. Surya BSc didampingi Wakil Bupati Taufik Zainal melaunching aplikasi SIKAS. (foto:mm/ist)
ASAHAN (MM) - Bupati Asahan  H. Surya, BSc, melaunching Aplikasi Sistem Informasi Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan (SIKAS), sekaligus menutup virtual Asahan job fair 2022, yang dilaksanakan sejak tanggal 3-10 November 2022, di halaman Kantor Disnaker Asahan, Jumat (11/11/2022)

Virtual Asahan Job Fair 2022 ini diikuti 37 perusahaan dengan 97 jabatan, 356 pelamar serta 2.278 lamaran. 

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Asahan Dra. Meilina Siregar, M. Si,  tujuan dari virtual Asahan Job Fair 2022 ini untuk mempertemukan Perusahaan Pencari Tenaga Kerja dengan Pencari Kerja sehingga terjadi Transaksi Lowongan Pekerjaan, menurunkan Angka Pengangguran di Asahan dan Pemulihan Ekonomi serta membangkitkan perekonomian di Asahan dan mengurangi biaya operasional para pencari kerja untuk melamar pekerjaan di berbagai perusahaan.

"Kita menyadari bahwa dunia ketenagakerjaan dihadapkan pada masalah pengangguran, kesempatan kerja, etos kerja, PHK, sumber daya yang tersertifikasi dan masalah lainnya yang tak pernah habis-habisnya dihadapi pencari kerja dan penerima kerja, sehingga Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan merasa perlu mempunyai Aplikasi untuk efisensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas. Pelayanan dan informasi ketenagakerjaan sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga perlu adanya layanan secara online sehingga dapat melayani pencari kerja yang terintegrasi melalui Sistem Informasi Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan (SIKAS) sebagai Konkreat Digitalisasi Birokrasi," ujar Meilina.

Dijelaskannya, aplikasi SIKAS ini adalah aplikasi spesial yang berbeda dengan aplikasi lainnya di Kabupaten Asahan, karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan data Kementerian RI secara otomatis dan sistematis sehingga data kita sinkron dengan data Kementerian. Untuk di Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Asahan yang pertama menggunakan aplikasi ini dan untuk di Indonesia baru 7 Kabupaten/Kota yang menggunakan aplikasi ini.

"Salah satu integrasi datanya adalah integrasi data loker secara nasional pelatihan siap kerja nasional data pencari kerja Nasional/Kabupaten serta data perusahaan secara nasional dengan harapan SIKAS menjadi contoh untuk daerah lain agar dapat melakukan integrasi data dengan Kementerian," tutupnya.

Sementara Bupati Asahan H.Surya BSc, mengatakan Job Fair ini sangat membantu masyarakat pencari kerja dan tentunya mengurangi biaya karena semua proses dilakukan melalui aplikasi.

"Kita patut bersyukur Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan telah memiliki sistem informasi berbasis online yang dipergunakan untuk menyikapi tuntutan perubahan dunia yang mengarah pada digitalisasi sebagai salah satu bentuk pelayanan yang lebih mudah, cepat, transparan dan akuntabel dalam hal membuat lowongan kerja bagi perusahaan melamar pekerjaan bagi pencari kerja", ucap Bupati.

Bupati juga mengatakan aplikasi ini merupakan sistem yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses layanan pemberi dan pencari kerja dalam bentuk jaringan publik, pelaporan dan prosedur administrasi untuk mendukung kinerja dan memperoleh informasi secara tepat, cepat dan akurat dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan informasi lapangan kerja kepada yang membutuhkan.

Mengakhiri pidatonya Bupati menyampaikan tujuan khusus dari SIKAS ini dibuat adalah, merubah cara konvensional menjadi cara yang modern, mengurangi biaya untuk melamar pekerjaan, mengurangi kekeliruan dalam segala aspek pelayanan lapangan kerja, berinovasi agar lebih praktis mengenai lapangan kerja, meningkatkan kemudahan untuk mencari informasi lapangan kerja serta efektif dan efisien dalam kebutuhan informasi lapangan kerja.

Dikesempatan ini juga Bupati Asahan melaunching aplikasi SIKAS dengan melalukan scan barcode yang telah disediakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan diikuti oleh Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar S. Sos M. Si dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan. Dilanjutkan dengan meninjau ruangan yang menjadi tempat pelayanan SIKAS dan melihat produk UMKM binaan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan.(ismanto)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com