Nataru, Gubsu Edy Tinjau Pasar Petisah Pastikan Harga Stabil

Sebarkan:

Gubsu Edy Rahmayadi meninjau kebutuhan pokok di pasar Petisah Medan, menjelang Natal dan Tahun Baru. (foto:mm/ist)
MEDAN (MM) - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi memastikan harga bahan pokok stabil jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Edy menemukan berbagai harga bahan pokok masih berada di batas kewajaran.

Misalnya cabai merah di Pasar Petisah mencapai Rp 40.000/kg, daging ayam Rp35.000/kg, bawang merah Rp40.000/kg, beras Rp 12.500/kg, minyak goreng curah Rp14.500/kg dan lainnya. “Harga terkendali,” kata Edy usai meninjau Pasar Petisah, Medan, Senin (19/12/2022).

Selain itu, Edy juga memastikan stok bahan pokok aman. “Yang kurang (pasokan) itu ikan, mungkin karena cuaca sehingga nelayan terganggu, yang lain berjalan semuanya, dan stok terpenuhi untuk Natal dan Tahun Baru, bahkan untuk tiga bulan ke depan,” ujar Edy.

Khusus untuk beras, Edy memastikan pasokannya pun juga mencukupi untuk Sumut. Apalagi dalam waktu dekat ini, banyak daerah yang akan melakukan panen beras.

Selain itu, Edy juga meminta masyarakat agar tidak melakukan panic buying. Edy menjamin pasokan bahan pangan pokok Sumut mencukupi sehingga tidak perlu panik. Pemprov Sumut akan terus memantau perkembangan harga dan pasokan sehingga nantinya harga tidak terlalu melonjak.

“Pasokan kita itu mencukupi, rakyat jangan terkecoh dengan belanja dan mendengar kabar yang tidak baik, belanja apa adanya dan seperti biasa karena kita (Pemprov Sumut) tetap mengatur harga dari hulu dan hilir jadi tetap pastikan tidak ada masalah ini,” pesan Edy.

Suri, salah satu pedagang mengatakan beberapa harga bahan pokok seperti minyak goreng curah mulai merangkak naik. Beberapa hari lalu harga minyak goreng curah Rp13.500/liter naik menjadi Rp14.500/liter. “Memang ada beberapa yang naik,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Edy didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut Doddy Zulverdi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Aspan Sopian, Kepala Biro Perekonomian Setda Prov Sumut Naslindo Sirait dan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus dan Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumut Lusyantini. (achmad rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini