Sambut Nataru, Komisaris dan Direksi KAI Tinjau Persiapan Seluruh Layanan Kereta Api

Sebarkan:

JAKARTA (MM) - Dalam melayani masyarakat pada masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023,  PT Kereta Api Indonesia (Persero) meninjau ke berbagai wilayah di Pulau Jawa,  Senin hingga Rabu kemarin. 

Inspeksi yang dihadiri Komisaris, Direksi KAI, Dirjen Perkeretapian Kementerian perhubungan dan jajaran Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dilakukan memastikan seluruh aspek layanan kereta api.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menuturkan, peninjauan dipimpin jajaran Direksi beserta Komisaris KAI untuk memastikan perjalanan kereta api di masa Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, nanti berjalan aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai tujuan.

"Masa Angkutan Nataru merupakan salah satu momentum penting KAI setiap tahunnya. Adanyapeningkatan jumlah pelanggan kereta api yang signifikan sehingga perlu dilakukan persiapan ekstra pada seluruh aspek layanan KAI," kata Didiek.

Inspeksi meliputi kesiapan sarana dan prasarana, seperti lokomotif, kereta, fasilitas stasiun, dan jalur KA yang harus dalam kondisi andal dan siap operasi. KAI memastikan kesiapan SDM di bidang operasional dan pelayanan bekerja sesuai prosedur, mengutamakan keselamatan, serta tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Perjalanan inspeksi dilakukan selama tiga hari dan terbagi menjadi dua perjalanan, lintas utara dan selatan Pulau Jawa. Inspeksi lintas utara Jawa dimulai dari Stasiun Gambir menuju Cirebon, Tegal, Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Probolinggo, Jember, hingga Ketapang. Sedangkan untuk jalur selatan, perjalanan dimulai dari Stasiun Gambir, Padalarang, Bandung, Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Malang, dan berakhir di Surabaya Gubeng.

Kepada jajaran KAI, Didik berpesan berpesan agar seluruh insan KAI memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Ia juga mengajak seluruh pegawai KAI untuk melaksanakan Angkutan Nataru dengan nilai-nilai akhlak yaitu amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Disamping itu, ia mengimbau agar lingkungan stasiun tetap bersih, hijau, dan rapi sehingga stasiun kereta api dapat menjadi landmark bagi lingkungannya. Harapannya kereta api menjadi pilihan masyarakat bertransportasi dan menjadi salah satu contoh keteladanan di Indonesia.

Salah satu aspek penting yang dilakukan pengecekan dalam kegiatan inspeksi ini adalah keamanan jalur kereta api, karena saat ini sudah memasuki musim hujan. Seluruh titik-titik rawan banjir, longsor, dan amblesan diidentifikasi, diperkuat dan dilakukan penjagaan ekstra. Terdapat 646 titik rawan pada berbagai jalur KA yang rencananya akan dijaga oleh 45 petugas pemeriksa jalur ekstra dan 62 petugas daerah rawan.

“Di samping itu, KAI juga menyediakan alat dan material yang ditempatkan tersebar di sepanjang jalur kereta api. Hal ini bertujuan jika dalam keadaan darurat, perbaikan dapat segera dilakukan,” kata Didiek.

KAI berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan, khususnya pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023. Masyarakat tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa KAI karena telah menerapkan protokol kesehatan sesuai yang ditetapkan pemerintah.

“Saya meminta kepada seluruh jajaran untuk mempersiapkan Angkutan Natal dan Tahun Baru sebaik mungkin. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memudahkan, melancarkan, dan memberikan keselamatan bagi seluruh perjalanan kereta api kita sampai dengan Nataru selesai.” jelas Didiek mengakhiri.(arie)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com