Pertamina Sumbagut Latih Wanita Patra Tanggulangi Kebakaran

Sebarkan:
Persatuan Wanita Patra (PWP) PT Pertamina Sumbagut mengikuti pelatihan penanggulangan kebakaran. (foto:mm/ist)
MEDAN (MM) - Tim Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memberikan pelatihan pemadam kebakaran kepada ibu-ibu istri pekerja yang tergabung dalam Persatuan Wanita Patra (PWP) di Medan, Senin (13/2/2023).

Kegiatan dihadiri Manager HSSE Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Andri Prasetyanto, Ketua PWP Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Sonya Freddy Anwar, pengurus dan anggota PWP Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut.

"Pada hari ini kita melakukan pelatihan pemadam kebakaran kepada ibu-ibu PWP. Selain itu, kita juga menjelaskan tentang penggunaan elpiji yang aman dan benar," ujar Manager HSSE Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Andri Prasetyanto.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan satu dari beberapa rangkaian kegiatan peringatan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut. 

"Rangkaian kegiatan sebetulnya banyak, tidak hanya di regional tapi juga di seluruh lokasi Pertamina. Dalam rangka memeriahkan Bulan K3 ini, kami mengadakan beberapa kegiatan mengenai aspek HSSE dan upaya ini tidak hanya ke bapak-bapak saja yang ada di lokasi tapi juga kepada ibu-ibunya," kata Andri.

Sebelum praktik pemadam kebakaran, terlebih dahulu para peserta diberi pengarahan oleh Tim HSSE tentang produk Pertamina, cara mengatasi kebakaran, dan penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). 

"Safety atau keselamatan kerja merupakan hal yang sangat penting dalam dunia migas termasuk dalam bidang kerja suami kita di Pertamina. Budaya safety itu bukan hanya merupakan domain daripada pekerja namun juga melekat pada keluarga pekerja," ucap Ketua PWP Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Sonya Freddy Anwar.

Diakuinya, kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan pengurus dan anggota PWP Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut tentang penggunaan APAR dan meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya budaya HSSE tersebut. 

"Penting bagi kita ibu-ibu mengikuti pelatihan ini, jadi jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, diharapkan kita para ibu-ibu dapat segera mengatasi kejadian-kejadian yang berhubungan dengan api secara mandiri," jelasnya.

Sonya Freddy Anwar juga menyampaikan terima kasih kepada HSSE Pertamina atas terselenggaranya pelatihan pemadam kebakaran ini. Setelah pelatihan ini, diharapkan kedepannya ibu-ibu PWP akan semakin confident (percaya diri) untuk mengatasi kejadian-kejadian yang berhubungan dengan api. 

"Terima kasih kepada HSSE Pertamina yang telah memfasilitasi kegiatan kita pada hari ini. Ibu-ibu sangat senang sekali mengikuti pelatihan ini," katanya. (arie)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com