Jelang Ramadhan, Kapolres Hadiri Ruwahan Pemkab Musi Rawas

Sebarkan:
AKBP Danu Agus Purnomo bersama unsur forkopimda menghadiri tradisi ruwahan dikediaman Bupati Musi Rawas (Mura). (foto:mm/ist)
MUSI RAWAS (MM) – Kapolres Musi Rawas (Mura) AKBP Danu Agus Purnomo menghadiri Ruwahan dan Syukuran yang digelar Pemkab Murah, di pendopo rumah dinas Bupati Mura, Selasa malam kemarin.

Kegiatan menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1441 hijriah dihadiri Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, Ketua TP PKK Mura, H Riza Novianto Gustam, Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol (Arm) Anggeng Prasegyo Sulistyo, beserta para OPD di lingkungan Pemda Mura.

AKBP Danu Agus Purnomo mengatakan, Kegiatan yasinan dan doa bersama adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dan doa bersama menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Kapolres menjelaskan, semoga kita semua di beri kesehatan, kelancaran, ketentraman, keamanan dalam menjalankan ibadah puasa nantinya dan tetap jaga kekompakan.

"Kita juga mengirimkan doa untuk orang tua dan rekan-rekan yang telah mendahului kita dengan pembacaan surah Yasin, Alfatihah, Tahtim Tahlil dan Doa,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud mengatakan bahwa sedekah syukuran atau ruwahan menyambut bulan suci ramadhan sudah merupakan tradisi turun temurun, apabila menjelang bulan Ramadhan untuk mendoakan arwah orang tua atau saudara-saudara kita yang sudah mendahului kita.

" Tradisi ini merupakan tradisi yang baik untuk terus kita lestarikan dan dipertahankan. Karena tradisi ini sebagai momentum kita bersama-sama mendoakan para leluhur dan pendahulu kita. Sekaligus mendoakan kita yang masih hidup," kata Bupati.

Bupati menjelaskan, tradisi ruwahan dan syukuran  ini sudah dilakukan secara turun temurun. “Ruwahan dan syukuran  ini tradisi lama yang dahulu kami masyarakat Musi Rawas menyebutnya sedekah ruwah,” ungkapnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Musi Rawas maupun secara pribadi bersama keluarganya, sambung Bupati, pihaknya menyampaikan permohonan  maaf kepada semua lapisan masyarakat Musi Rawas khususnya, jika terdapat salah dan khilaf selama ini.

“Mohon maaf atas semua khilaf kami. Sebelum datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H, yang sudah tinggal beberapa hari lagi," tutupnya.

Setelah selesai kegiatan doa dan membaca yasin bersama, Bupati, Ketua TP PKK Mura dan turut mendampingi Kapolres dan Dandim menghampiri para anak yatim piatu dan menyalami mereka satu-persatu, sembari memberikan tali asih. (subari)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini