Tangani Stunting, Wakil Wali Kota Sibolga Salurkan Bantuan Pangan untuk Ribuan Warga

Sebarkan:

SIBOLGA (MM) - Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Maruba Lumban Tobing, menyalurkan bantuan pangan untuk Keluarga Resiko Stunting (KRS) di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut),Selasa (16/5/2023).

Bantuan Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI yang didistribusikan melalui Kantor Pos Indonesia Cabang Sibolga itu diberikan untuk 1.241 KRS. Bantuannya berupa 1 kg daging ayam dan 10 butir telur ayam.

Selaku wakil walikota dan juga Ketua Penanganan Stunting di Kota Sibolga, Pantas mengakui penyaluran bantuan pangan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pengentasan stunting.

Sebagaimana Kota Sibolga tercatat telah berhasil menurunkan resiko stunting sebesar 11 persen dari 25 persen hingga 2022. Sementara nasional menargetkan 14 persen hingga 2023.

"Artinya, apa yang diperintahkan oleh pemerintah pusat dapat kita jalankan dengan baik. Kita (Sibolga) targetkan tahun depan 9 persen," katanya. 

Pria muda yang sebelumnya juga pernah tercatat sebagai anggota DPRD Sibolga ini pun mengharapkan kepada warga penerima agar memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya. Begitu juga penerima diharapkan warga Sibolga yang benar-benar KRS. 

"Sebagaimana resiko stunting Sibolga kemarin tercatat 8.000 an, tapi setelah divalidasi cuma 6.000 an," tuturnya. 

Hal yang sama disampaikan Manager Exekutif PT Pos Indonesia Cabang Sibolga, M Arif Syahputra. Arif bahkan berharap kepada keluarga RKS agar menyimpan kupon (bantuan) dengan baik. Alasannya, bantuan yang sama masih akan diberikan secara bertahap sebanyak tiga kali. 

"Kemarin juga, ada penyaluran bantuan beras 95 persen telah disalurkan dan rencananya akan ada tahap tiga dan tahap berikutnya," ujarnya.

Sebelumnya, Kapala BKKBN Sibolga, Richard Pangaribuan, dalam laporannya menyampaikan waktu penyaluran bantuan pangan kepada keluarga KRS di Kantor Pos Cabang Sibolga tersebut. Penyalurannya, kata dia, dilaksanakan selama dua hari, yakni Selasa dan Rabu (16-17/5/2023). 

"Untuk Kecamatan Sibolga Kota dan Sibolga Utara dilaksanakan Selasa 16 Mei 2023 mulai pukul 08.00-12.00 WIB dan 13.00-17.00WIB. Sementara Kecamatan Sibolga Selatan dan Sibolga Sambas dilaksanakan Rabu (17/5/2023) dengan waktu yang sama mulai pukul 08.00-12.00 dan pukul 13.00-17.00 WIB," ujarnya. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com