Dikunjungi Murid Sekolah Dasar, PLN Paparkan Edukasi Seputar Listrik

Sebarkan:

MEDAN (MM) – PLN UID Sumatera Utara Senin (06/11/2023) dikunjungi 20 orang siswa dalam agenda fieldtrip SD Dian Harapan Medan. 

PLN menyambut dengan hangat antusiasme para siswa SD yang penuh dengan keingintahuan perihal ruang lingkup pekerjaan PLN. Fieldtrip merupakan kegiatan keluar dari lingkungan sekolah untuk refreshing dan juga menstimulus para Siswa terhadap lingkungan berdasarkan apa yang mereka saksikan dan lihat secara langsung.

Melalui pemutaran video dan animasi sederhana, PLN menyampaikan paparan mengenal Bagaimana Proses Menghasilkan Listrik dan juga Bahaya Kelistrikan.

Nicole, salah satu siswa, bertanya bagaimana listrik bisa sampai kerumah? Tentu saja pertanyaan sederhana ini dapat menggali proses bisnis PLN yakni Pembangkit, Transmisi dan Distribusi.

“Listrik dihasilkan dari Pembangkit dengan sumber daya yang ramah lingkungan dengan menciptakan gaya gerak dan diolah dengan transformator kemudian Transmisi mengolah listrik tegangan tinggi tersebut dengan transformator step up melalui Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT), sampai dengan diolah kembali melalui transformator step down untuk selanjutnya didistribusikan ke konsumen lewat Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), “ jelas Nathan Saputra Sitohang, Asman Pemeliharaan PLN UP2D Sumut.

Tidak hanya menjelaskan asal muasal listrik, PLN juga menyampaikan edukasi kepada para Siswa mengenai bahaya kelistrikan:

  • Jauhkan peralatan listrik dari sumber air atau tempat basah, dan matikan sumber listrik apabila terjadi genangan;
  • Gunakan perangkat instalasi listrik yang sesuai standar;
  • Hindari penggunaan kabel ekstensi jangka panjang ;
  • Jangan bermain layang – layang di dekat jaringan listrik;
  • Jagalah instalasi tenaga listrik bersama – sama, jangan mencantolkan benda apapun disekitar instalasi tenaga listrik.

Dalam kesempatan tersebut para Srikandi PLN, mengisi sesi sharing dengan menumbuhkan minat para siswa khususnya siswa perempuan untuk menanamkan cita - cita dalam lingkup pekerjaan engineering dan energi di masa depan.

“Perempuan dan laki – laki punya kesempatan yang sama untuk bekerja di PLN lho, walaupun mayoritas pekerjaan engineering dikelola laki – laki, di PLN perempuan juga dipersilahkan. Apalagi pasti banyak yang suka sama matematika dan sains kan,” ujar Satpaulina, Wakil Champion Srikandi PLN, dan disambut dengan riuh tawa para siswa.

Selepas pemaparan materi, para Siswa diajak berkeliling dan melihat para Dispacther PLN UP2D Sumut yang sedang bertugas dalam menjaga suplai daya listrik ke pelanggan tetap andal dan safety.

Di lokasi yang berbeda, General Manager PLN UID Sumatera Utara, Awaluddin Hafid, menyampaikan apresiasi kepada pihak SD Dian Harapan.

"Para siswa adalah energi penggerak PLN di masa depan, terima kasih atas kunjungan dari SD Dian Harapan, dan kami (PLN) membuka lebar kesempatan bagi institusi pendidikan untuk saling sharing knowledge," tutup Awaluddin.(Ahmad Rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini