Kapolda Sumut: Pengamanan Berbasis Teknologi di F1 Powerboat Terus Ditingkatkan

Sebarkan:
Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. (foto/ist)
BALIGE (MM) - Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, mengatakan event internasional F1 Powerboat di Kota Balige, Kabupaten Toba, masih berlangsung hingga Minggu 3 Februari 2024.

"Hari pertama pelaksanan F1 Powerboat, saya bersama Pemkab Toba, penyelenggara serta Satgas Operasi Kewilayahan F1 Powerboat telah melihat seluruh personel melaksanakan pengamanan dengan baik," katanya usai meninjau Command Center Polda Sumut posko kendali pengamanan F1 Powerboat, Sabtu (2/3) sore.

Lebih lanjut, Agung menerangkan kedepan Polda Sumut dan jajaran terus meningkatkan sistem pengamanan yang lebih baik. juga menemukan formula baru dalam pengamanan F1 Powerboat yang lebih efisien dan efektif dari sebelumnya di tahun 2023 lalu. 

"Dimana formula baru pola pengamanan F1 Powerboat 2024 mengedapankan sistem pengamanan berbasis teknologi. Seperti Face Recognition (deteksi wajah pelaku kriminal), pemasangan 50 CCTV memantau situasi kamtibmas, penggunaan Sistem Operasional Terpadu (SOT)," terangnya pola pengamanan berbasis teknologi yang diterapkan memudahkan masyarakat mengakses event F1 Powerboat.

"Kami juga menyaksikan antusias masyarakat lokal mendukung penuh acara internasional ini seperti membuat tenda bagi wisatawan serta tidak adanya sesuatu hal yang menonjol," ujar Kapoldasu didampingi Karobinops Sops Polri Brigjen Pol Aulia serta anggota Kompolnas RI Yusuf.

Agung mengungkapkan, Polda Sumut dalam penyelenggaraan pengamanan F1 Powerboat Danau Toba terus berkolaborasi bersama Kodam I Bukit Barisan, Basarnas, serta pemerintah daerah.

"Kepolisian saat ini dalam bekerja tidak hanya mengandalkan personalnya tetapi telah menggunakan teknologi. Sehingga apabila ada sesuatu hal pada event-event besar seperti F1 Powerboat melihat penting atau tidaknya dapat diolah dengan cepat," ungkapnya perbaikan sarana komunikasi harus cepat direspon kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Tak hanya itu, Polda Sumut dalam mendukung keselamatan dan keamanan para peserta F1 Powerboat juga menggunakan teknologi terbaru dimana Dit Polairud menyiagakan kapal-kapal canggih untuk mengawal pelaksanaan olahraga air ini tetap berjalan kondusif.

Mantan Asops Kapolri ini mengimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan layanan Aplikasi Super Apps Polri melalui handphone berbasis android atau Call Center 110 apabila membutuhkan layanan cepat dari anggota polisi selama menyaksikan F1 Powerboat di Balige.

"Sejauh ini situasi kamtibmas selama berlangsungnya F1 Powerboat berjalan aman dan nyama serta tidak ada hal yang menonjol. Saya pada kesempatan ini mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan event internasional di kawasan Toba dalam meningkatkan ekonomi pariwisata," pungkasnya.(zein)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com