Pj Bupati Langkat Faisal Lirik Potensi Ekonomi Limba FABA PLTU Pangkalan Susu

Sebarkan:

 

Pj Bupati Langkat Faisal Lirik Potensi Ekonomi Limba FABA PLTU Pangkalan Susu. (foto/ist)
LANGKAT (MM) - Pj Bupati Langkat H M.Faisal Hasrimy mengunjungi PLTU Unit bisnis Pembangkitan (UBP) Pangkalan Susu, terkait pemanfaatan limbah Fly Ash Bottom Ash (FABA) sebagai bahan pembuatan batu bata, Kamis (29/2/2024).

Senior Manager PLTU Pangkalan Susu, Yusrizal Zainuddin, menjelaskan limbah FABA dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengganti pasir dan semen dalam bahan baku pembuatan batu bata maupun sebagai bahan pembuatan jalan beton ataupun lainnya. "Ini menguntungkan dari segi ekonomi, dan berdampak baik dalam mengurangi limbah jika dilihat dari sisi lingkungan," terangnya.

Jika dihitung, untuk pembuatan jalan beton sepanjang 200 meter membutuhkan anggaran Rp200 juta, namun dengan menggunakan limbah FABA dengan nilai yang sama akan merampung jalan beton sepanjang 400 meter.

Mendengarkan persentase yang disampaikan Senior Manager PLTU Pangkalan Susu, Pj Bupati Faisal Hasrimy merasa tertarik. Dengan memanfaatkan limbah FABA, maka akan berdampak baik bagi kesehatan masyarakat sekitar. Disamping itu, pemanfaatan limbah FABA juga akan berdampak ekonomi bagi warga sekitar.

Untuk itu, Fiasal meminta OPD terkait melakukan kajian dan pengujian pemanfaatan libah FABA sebagai bahan baku batu bata. "Setelah pelaksanaan MOu, saya mendorong OPD terkait dalam satu bulan kedepan sudah ada contoh yang dibuat dari limbah FABA ini," tegasnya 

Pj Bupati Langkat H.M.Faisal Hasrimy ingin kembalikan kejayaan pangkalan susu di masa kepemimpinannya. "Dengan ini kita jalankan nantinya akan berdampak ke perekonomian masyarakat pangkalan susu, Sehingga kejayaan pangkalan susu dapat kembali" ucapnya.

Dari sini nantinya akan kita dapatkan Isu pemberdayaan lingkungan, isu pemberdayaan masyarakat, CSR kita dapatkan. Ini bisa menjadi sebuah sinerji yang sangat baik antara pemerintah Kabupaten Langkat dengan PLTU UBP Pangkalan Susu.

Hadir mendampingi Pj Bupati, Sekda H. Amril nasution, Kepala Bappeda Rina Wahyuni Marpaung, Kadis PUPR Khairul Azmi, Kadis Perindag Ikhsan Aprija, dan Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun. (tan)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com