Desa Sei Lama Asahan Raih Predikat BUMDes Terbaik di Sumut

Sebarkan:

Desa Sei Lama, Simpang Empas, Asahan, meraih predikat BUMDes terbaik se-Sumut. (foto/ist)
MEDAN - Prestasi gemilang berhasil diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan. Raihan predikat terbaik harapan 1 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Propinsi Sumatera Utara, dipersembahkan oleh Desa Sei Lama, Simpang Empat. Desa ini tergabung dalam DPC APDESI Asahan. 

Atas prestasi tersebut, Kepala Desa Bangun Hasibuan dan perangkat BUMDes Sulam Permai mendapat kesempatan menerima penghargaan berupa piagam dan uang dari Gubernur Sumut melalui Kadis PMD Hendra Dermawan Siregar. Penyerahannya digelar pada Jumat (16/12/2021), di Kantor PMD Propinsi Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan. 

Turut hadir menyaksikan para Kadis PMD kabupaten, Kabid, Kades dan  Ketua DPC APDESI Asahan, Manten Aperi  Simbolon SH.

Kepala Desa Sei Lama, Bangun Hasibuan, mengaku bangga atas jerih payah bersama warganya itu. "Penghargaan dan prestasi ini berkat elemen masyarakat desa. Segala upaya mengembangkan potensi desa dan sumber daya manusianya dilakukan bersama-sama,"kata Bangun.

“Alhamdulillah kita berhasil dan mampu bersaing dengan desa-desa terbaik untuk pengelolaan BUMDes se Sumut. Prestasi ini adalah hasil kerja keras kami semua. Dan pasti akan menambah semangat kami untuk menjadi lebih bermanfaat bagi desa,”tambahnya.

Lebih lanjut Kades menjelaskan,  pengelolaan yang baik dari beragam bidang usaha UMKM mampu membawa Sei Lama meraih prestasi. “Kami optimis, tahun depan bisa lebih baik lagi," tambah Bangun.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Propinsi Sumatera Utara Hendra Dermawan Siregar mengatakan, pemberian penghargaan dan hadiah merupakan motivasi agar lebih terpacu dalam menggali potensi desa.  Dia bilang, BUMDes terbaik mampu menjadi penyumbang PAD desa. 

"Saya sangat mengapresiasi dan turut bangga atas semangat dan inovasi para Kepala Desa dan personil BUMDesnya,"sebut mantan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Sumut itu.

Dia menambahkan, tahun depan, di tahun ketiga pemberian penghargaan  BUMDes terbaik se Sumut, hadiah yang diberikan akan lebih ditingkatkan. "Supaya Kades dan personil BUMDes  lebih terpacu lagi," kata Hendra. 

Sementara Kadis PMD Kabupaten Asahan, Suherman Siregar SSTP MM juga mengapresiasi kerja keras dan kerja cerdas Kades dan BUMDes Silau Lama. Sehingga mampu  memperoleh penghargaan terbaik harapan I di tingkat Provinsi Sumatera Utara. 

Dia berharap BUMDes lain di Asahan terpacu untuk meningkatkan performa usahanya. Dan BUMDes Silau Lama dapat berbagi pengalaman kepada BUMDes lain. 

Sekadar informasi, pada acara puncak pemberian penghargaan tersebut, ada 6 BUMDes masuk dalam kategori terbaik. Terbaik 1 diraih BUMDes Pematang Johar Labuhan Deli, Deliserdang Rp40 juta, Sipahutar, Taput Rp30 juta dan PIR Trans Sosa V, Hutaraja Tinggi, Palas dengan hadiah Rp20 juta.

Selanjutnya BUMDes Sei Lama Simpang Empat, Asahan meriah Terbaik Harapan 1 Rp15 juta, Perkebunan Bukit Lawang, Bahorok, Langkat Rp10 juta dan terbaik harapan 3 BUMDes Sibintang, Sosorgodang, Tapteng Rp5.000.000. (ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini