PLN Sukseskan Peresmian TSTH2 di Humbahas

Sebarkan:

HUMBAHAS - PLN siagakan genset kapasitas 2 x 50 kVA dan 15 orang petugas saat peresmian Taman Sains dan Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) yang dihadiri oleh empat Menteri.

Pemerintah tengah mengembangkan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) yang akan diperuntukkan sebagai Taman Sains dan Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2). Kawasan ini berlokasi di Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara 

Taman ini sebagai tempat dilakukannya penelitian pengembangan bibit – bibit hortikultura yang berkualitas tinggi. Kawasan tersebut akan menjadi pusat bibit  herbal dan hortikultura yang hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Dalam acara peletakan batu pertama Taman Sains dan Teknologi Herbal dan Hortikultura (23/12/21) yang dilakukan secara simbolis dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi di dampingi  Menteri Pertanian, Wakil Menteri PUPR, Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Kesehatan, Wakil Menteri Perdagangan, Gubernur Sumatera Utara dan Bupati Humbahas Hasundutan. 

Turut juga hadir Direktur PLN Regional Sumatera Kalimantan, Adi Lumakso, dan jajaran Management PLN UIW Sumatera Utara sebagai bentuk dukungan sekaligus penyedia pasokan listrik yang andal dan terjaga selama 24 jam untuk memenuhi program PLN, Electrifying Agriculture.

“PLN berkomitmen siap mendukung segala kebutuhan listrik yang dibutuhkan kawasan tersebut dalam melakukan penelitian dan kegiatan pengembangan bibit herbal di Sumatera Utara,” ujar Direktur Regional Sumatera Kalimantan, Adi Lumakso.

Pada kawasan tersebut juga akan dibangun fasilitas pendukung TSTH2 seperti laboratorium, taman koleksi, pembenihan dan penelitian, silvopastura, wisata alam, wisata buatan, kantor, mess bagi peneliti, serta guest house.

Dengan diresmikannya Taman Sains dan Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) pemerintah berharap petani dapat menghasilkan bibit bagus dan unggul, sehingga hasil tersebut dapat dipergunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Sumatera Utara.(red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini