PLN Ukur Indeks Kepuasan Masyarakat Penerima Bantuan TJSL Melalui Pengukuran SROI

Sebarkan:

MEDAN - Social Return On Investment (SROI) merupakan sebuah kerangka kerja yang mengukur dan menghitung perubahan dalam konsep nilai yang lebih luas, serta meningkatkan kesejahteraan dengan menggabungkan dana dan manfaat dari aspek sosial, lingkungan dan ekonomi_

Sebagai Perusahaan BUMN yang bergerak dibidang penyediaan ketenagalistrikan, PT PLN (Persero) juga bertanggung jawab untuk memberikan bantuan bagi sosial dan lingkungan. Atas tanggung jawab tersebut PLN UIW Sumatera Utara telah melaksanakan pemberian bantuan TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) di berbagai wilayah kerjanya. 

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), disusun untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran kuantitatif dan kualitatif terkait pelayanan atau kegiatan yang dilakukan oleh organisasi/institusi tertentu.

IKM merupakan data dan informasi hasil pendapat dan penilaian penerima manfaat program terhadap kinerja perusahaan dalam menyelenggarakan program tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan.

Untuk mendapatkan feedback dari pelaksanaan pemberian bantuan yang telah dilakukan oleh PLN UIW Sumatera Utara, Manager Komunikasi dan TJSL, Yasmir Lukman, bersama dengan Tim dari Sucofindo melaksanakan pengukuran _Social Return On Investment (SROI)_ dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada program TJSL tahun 2020 yakni "Sambung Listrik Gratis untuk Masyarakat Kurang Mampu Tahun 2020". 

Kegiatan pengukuran SROI ini dilakukan di kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sei Rampah Rabu (15/12/2021) dan dihadiri juga oleh Manager ULP Sei Rampah, Charles Gultom, beserta puluhan penerima manfaat. 

Yasmir menjelaskan PLN menggandeng pihak independent (PT Sucofindo) sebagai tim pengukuran SROI dan IKM agar hasil yang didapat lebih akurat dan sesuai dengan apa yang telah dirasakan oleh penerima manfaat. 

"Pengukuran ini dilakukan untuk mendengar langsung testimoni dari penerima manfaat dan hasilnya nanti akan kami gunakan sebagai bahan evaluasi untuk pelaksanaan program-program TJSL di tempat lainnya" tutup Yasmir.(Rel/MM)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini