Timnas Indonesia Menang Dramatis atas Singapura, Shin Tae-yong: Seperti Perjalanan ke Surga dan Neraka

Sebarkan:

Singapura akhirnya bisa menyamakan skor 1-1 di menit ke-4 masa injury time babak pertama. Gol yang dicetak Song Ui-yong justru terjadi usai Singapura kehilangan Safuwan Baharudin yang mendapat kartu kuning kedua dua menit sebelumnya. (AFP/Roslan Rahman)
MEDAN - Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 setelah menang dramatis atas Singapura pada leg kedua babak semifinal yang berlangsung di Singapore National Stadium, Sabtu (25/12/2021). Dalam laga ini, Skuat Garuda berhasil menaklukkan 8 pemain The Lions, 4-2 lewat duel hingga babak tambahan. 

Bermodalkan hasil imbang 1-1 di leg pertama, timnas Indonesia sebenarnya langsung memimpin lewat gol Ezra Walian pada menit ke-11. Peluang menang terasa semakin terbuka sata Timnas Singapura kehilangan Suwufan Baharudin di pengujung babak pertama usai menerima kartu kuning kedua, sebagaimana dilansir dari laman liputan6.com. 

Sayang kenyataan justru berbicara sebaliknya. Singapura berhasil menyamakan kedudukan saat bermain dengan 10 orang lewat aksi Song Ui-young. Skor imbang bertahan hingga turun minum. 

Di babak kedua, Singapura kembali kehilangan pemainnya, Irfan Fandi pada menit ke-67. Namun lagi-lagi tuan rumah justru berbalik unggul 2-1 lewat tendangan Shahdan Sulaiman menit ke-74. 

Timnas Indonesia kembali menyamakan kedudukan lewat Pratama Arhan pada menit ke-87. Namun hanya empat menit berselang, gawang Indonesia kembali terancam setelah wasit memberi hadiah penalti bagi Timnas Singapura. Arhan dianggap melakukan pelanggaran di kotak terlarang Indonesia. 

Beruntung kiper Nadeo Argawinata tampil sebagai penyelamat dan berhasil menepis tendangan Faris Ramli sekaligus memperpanjang napas Timnas Indonesia melalui babak perpanjangan waktu.  

Tidak menyia-nyiakan kesempatan, Timnas Indonesia segera bangkit di babak extra time. Hanya semenit sejak peluit dibunyikan kembali, Skuat Garuda kembali unggul 3-2 lewat bunuh diri Shawal Anuar. Egy Maulana Vikri kemudian menambah keunggulan menjadi 4-3 pada menit ke-105+2. 

Singapura semakin tidak berdaya setelah kipernya, Hassan Sunny dikartu merah pada menit ke-119. Dengan sembilan pemain di lapangan, tuan rumah pun menyerah dengan skor 2-4 kepada Indonesia. 

Kekalahan ini membuat Indonesia berhak melaju ke babak final Piala AFF 2020 dengan agregat 5-3.

Surga dan Neraka

Usai pertandingan, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui jalannya pertandingan tidak mudah bagi timnya. Apalagi ini merupakan laga hidup-mati yang menentukan langkah ke final. Pelatih asal Korea Selatan tersebut pun menganalogikannya seperti perjalanan setelah kematian. 

“Kami pergi ke surga dan neraka di saat yang sama sepanjang pertandingan. Jadi ini bukanlah laga yang mudah bagi kami,” kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers virtual usai pertandingan.

Bakal Perbaiki Kesalahan

Sejak awal, Shin Tae-yong mengaku sudah memahami kekuatan Singapura dalam bola mati. Karena itu, dia pun meminta para pemainnya untuk berhati-hati saat hal itu terjadi di lapangan. Apa yang dikhawatirkan Shin menjadi kenyatan setelah dua gol Singapura seluruhnya lahir dari skema set piece.

“Jujur, kedua tim bekerja sanga keras. Saya sudah bicara kepada pemain sebelum laga, bahwa Singapura sangat kuat dalam hal set piece, jadi saya meminta mereka untuk berhati-hati,” ujar Shin.

“Fakta bahwa kami kebobolan dua gol melalui set piece (dalam laga semifinal leg kedua) menjadi sesuatu yang perlu kami perbaiki,” sambung mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.

Tunggu Lawan di Final

Sementara itu, kemenangan atas Singapura mengantar Indonesia ke final Piala AFF 2020. Ini merupakan kali keenam Skuat Garuda tampil di laga puncak turnamen dua tahunan tersebut. 

Indonesia selanjutnya akan bertemu pemenang laga Vietnam vs Thailand di final Piala AFF 2020. Kedua tim akan bertarung, Minggu (26/12/2021) di mana Thailand untuk sementara unggul agregat 2-0.

Adapun, final Piala AFF edisi ini dijadwalkan berlangsung pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022) di Stadion Nasional Singapura. (red/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com