Timnas Indonesia vs Malaysia 4-1, Skuad Garuda ke Semifinal Piala AFF 2020

Sebarkan:
Selebrasi Irfan Jaya.(ANTARA/Humas PSSI)
JAKARTA - Pertandingan timnas Indonesia vs Malaysia di laga akhir babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu, 19 Desember 2021, berakhir dengan skor 4-1.

Laga berlangsung sengit sejak awal pertandingan. Dalam sepuluh menit pertama, kedua tim saling menyerang secara bergantian. Berulang kali, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawannya mencoba melancarkan serangan balik tetapi berhasil digagalkan.

Malaysia mampu mencetak gol lebih dulu pada menit ke-13 melalui Kogileswaran Raj yang melakukan tembakan dari luar kotak penalti sebagaimana dikutip dari lama tempo.co.

Gol itu terjadi karena antisipasi yang kurang sempurna yang dilakukan Irfan Jaya. Dia mencoba membuang bola, tetapi bola mengarah ke Raj.

Kebobolan satu gol, skuad Garuda bermain ngotot. Duel antarpemain tidak terhindarkan. Beberapa pemain bahkan terjatuh akibat berbenturan dengan pemain lawan.

Malaysia terus berupaya menambah gol. Berulang kali mereka mampu menciptakan peluang melalui serangan cepat, tetapi masih dapat diatasi pasukan Shin Tae-yong.

Pada menit ke-35, Malaysia nyaris menggandakan keunggulan. Ketika itu, Syafiq Ahmad mendapatkan umpan terobosan dan kiper Nadeo Argawinata telah meninggalkan gawangnya. Namun, bola tendangannya melenceng.

Upaya skuad Garuda melancarkan serangan ke lini pertahanan Malaysia membuahkan hasil pada menit ke-36. Irfan Jaya akhirnya mencetak gol penyeimbang kedudukan setelah memanfaatkan umpan dari Witan Sulaeman.

Menjelang babak pertama berakhir, menit ke-43, Irfan Jaya mencetak gol keduanya. Irfan bergerak cepat ke depan gawang untuk menerima umpan dari Pratama Arhan dan diselesaikan dengan baik. Kedudukan pun berubah menjadi 2-1 dan bertahan hinga istirahat turun minum.

Timnas Indonesia melakukan pergantian pemain. Bek tengah Elkan Baggot masuk di awal babak kedua mengggantikan Ramai Rumakiek. Sementara, Malaysia juga memasukkan bek tengah Dominic Tan untuk menggantikan gelandang Safawi Rasid.

Unggul satu gol tidak membuat skuad Garuda mengendurkan serangannya. Mereka kembali melancarkan serangan ke lini pertahanan Malaysia.

Hasilnya, saat pertandingan babak kedua baru berjalan lima menit, Indonesia menambah keunggulan berkat gol Pratama Arhan yang dicetak melaui tendangan dari luar kotak penalti, setelah mendapat umpan dari Irfan Jaya.

Pada menit ke-55, Irfan Jaya mempunyai peluang mencetak hat-trick. Namun, bola sepakannya yang diarahkan ke gawang masih melenceng.

Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain di lini depan pada menit ke-64. Dia memasukkan Kushedya Yudo dan menarik Ezra Walian.

Evan Dimas masuk pada saat pertandingan memasuki 15 menit akhir waktu normal. Dia masuk menggantikan Rachmat Irianto.

Elkan Baggott menambah keunggulan untuk timnas Indonesia pada menit ke-82. Dia menjebol gawang Malaysia melalui sundulan kepala setelah menerima bola dari sepak pojok Evan Dimas.

Kedudukan 4-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Kemenangan ini, memastikan timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Sementara, Malaysia tersingkir.

Timnas Indonesia menjadi juara Grup B dengan 10 poin, sama dengan Vietnam yang menang 4-0 atas Kamboja pada pertandingan akhir babak penyisihan grup yang berlangsung dalam waktu bersamaan. Skuad Garuda memimpin klasemen grup dengan keunggulan selisih gol dari juara bertahan Vietnam.

Dengan hasil tersebut, timnas Indonesia akan bertemu dengan runner up Grup A, Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Sementara Vietnam menghadapi Thailand yang menjadi juara grup A. (red/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini