Insiden Desak-desakan Saat Tahun Baru di Kuil India, 12 Orang Tewas

Sebarkan:

Ilustrasi (dok. AP Photo/Rafiq Maqbool)
MEDAN - Sedikitnya 12 orang tewas dalam insiden desak-desakan yang terjadi di sebuah kuil keagamaan di India, pada Sabtu (1/1) pagi waktu setempat. Belasan orang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden tersebut.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (1/1/2021), insiden mematikan ini terjadi di kuil Mata Vaishno Devi yang ada di wilayah Kashmir yang dikelola India, pada Sabtu (1/1) dini hari, sekitar pukul 02.45 waktu setempat, sebagaimana dilansir dari detik.com.

Kuil Mata Vaishno Devi merupakan salah satu kuil Hindu yang paling dihormati di wilayah India bagian utara. Puluhan ribu orang dilaporkan mengunjungi kuil ini untuk bersembahyang setiap harinya.

"Sedikitnya 12 orang kehilangan nyawa dan 13 orang lainnya mengalami luka-luka," tutur seorang pejabat senior pemerintahan setempat, yang enggan disebut namanya, kepada AFP.

"Jumlah korban tewas bisa lebih tinggi karena rute menuju kuil di atas bukit itu dipenuhi para peziarah yang berupaya melakukan kunjungan dan doa tahun baru," imbuhnya.

Seorang pejabat lainnya pada otoritas penanggulangan bencana setempat mengonfirmasi jumlah korban jiwa tersebut.

Belum diketahui pasti penyebab desak-desakan itu. Otoritas setempat telah memerintahkan penyelidikan lebih lanjut.

"Penyelidikan tingkat tinggi telah diperintahkan oleh pemerintah terhadap insiden desak-desakan di Kuil Shri Mata Vaishno Devi," ucap pejabat otoritas penanggulangan bencana itu.

"Sangat sedih atas hilangnya nyawa. Belasungkawa untuk keluarga yang ditinggalkan. Semoga para korban luka segera sembuh," ucap Modi.(red/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini