Disdik Batubara - Bank Sumut Jejaki Kerjasama Pencatatan Rekening Koran Terintegritas

Sebarkan:

Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus memaparkan sinergitas yang akan dibangun bersama PT Bank Sumut. (foto/ist)
MEDAN - Di tengah pandemi COVID-19, Dinas Pendidikan Batubara memperkuat pemanfaatan digitalisasi dibidang pendidikan, mulai dari proses belajar, laporan hingga pemanfaatan dana BOS.

Hal ini ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batubara Ilyas Sitorus dalam diskusi bersama Tim DDJ dan IT, di gedung Bank Sumut, Jalan KH. Zainudul Arifin Medan, kemarin.

Dijelaskan Ilyas, seperti  Aplikasi simpelbos.diadikbatubarakab dimana mulai dalam penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah sampai kepada pelaksanaan dan pelaporan dana BOS sudah memanfaatkan teknologi berbasis aplikasi sehingga satuan pendidikan tidak perlu harus datang ke Disdik. 

Demikian juga dengan penarikan dana BOS di Bank Penyalur juga sudah dilakukan dengan berbasis aplikasi, sehingga Kepala sekolah/bendahara tidak mesti ke Kantor Disdik, namun persyaratan untuk penarikan dana tersebut sudah tersistim dari Aplikasi simpelbos.disdikbatubarakab.

"Bank Penyalur cukup melakukan falidasi saja pada 6 (enam) digit terakhir dari surat rekomendasi tersebut dan surat rekomendasi tersebut hanya berlaku selama 12 jam, selebihnya maka UPT wajib mengajukan kembali dengan tetap berbasis aplikasi,' kata Ilyas.

Diskusi Dinas Pendidikan dan Bank Sumut, sambung Ilyas menindaklanjuti surat Pemkab Batubara Nomor 420/2567-SRi tangg 15 November 2021, meminta PT Bank Sumut untuk memberikan izin mengintegrasikan pencatatan rekening koran satuan pendidikan yang menjadi kewenangan Pemkab Batubara melalui aplikasi yang telah terbangun dapat terkoneksi sehingga memudahkan dan membantu sekolah dalam melakukan pelaporan penerimaan dan penarikan dana  BOS.

Untuk rencana dan penggunaanserta pelaporannya Disdik Batubara melalui bantuan aplikasi sehingga satuan pendidikan tidak lagi perlu datang ke dinas dalam urusan dana BOS termasuk penarikan dari Bank Penyalur sudah terkoneksi.

Pemimpin Bidang PPK DDJ PT. Bank Sumut, Sabar Ginting menyambut baik rencana ini. Untuk itu, pihaknya akan membahas permintaan Dinas Pendidikan Batubara." Kami akan fasilitasi API (Application Programming Interface) Awal Maret 2022 apa yang diharapkan dalam surat Disdik dan diskusi hari ini paling lama akan terealisasikan," kata Sabar Ginting. 

Hal senada juga diungkapkan Pemimpin Dana Dan Jasa PT. Bank Sumut, Budi Ansari Nasution, yang berharap secara bertahap penggunaan Dana BOS akan dilakukan dengan transaksi Non Tunai dan pihak Bank Sumut akan mengagendakan pengembangan aplikasi simpelbos disdikbatubarakab untuk sebagai ujicoba di Sumatera Utara.

Pertemuan dihadiri Tim IT Disdik Batubara Hottua Samosir,  Pemimpin Divisi Dana Dan Jasa, Budi Ansari Nasution, Pemimpin Bidang PPK DDJ, Sabar Ginting, Pemimpin Seksi Operasional PT BankSumut KC Lima Puluh, Djoko Purwono, Manager Divisi DDJ, Rosmidi, Profesional Manager DDJ, Harry Alshufie, Profesional Manager TI, Fernando Sebayang, Profesional Assisten DJJ, Ikhsan Dolok Siregar. (zein/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini