Kemarau, Perumda Sibolga Mulai Kekurangan Sumber Bahan Baku Air

Sebarkan:

Dirut Perumda Air Minum Tirta Nauli Sibolga Ahmad Kennedy Simanullang (dua dari kiri). (foto:mm/jhonny simatupang)
SIBOLGA - Krisis air bersih mulai mengancam Kota Sibolga akibat kemarau. Hasil survey lapangan Perumda Air Minum Tirta Nauli setempat menunjukkan terjadinya kekurangan volume air dari sumber-sumber bahan baku air. 

Kabag Tehnik Perumda Air Minum Tirta Nauli Sibolga, Suganda mengatakan, penurunan volume air paling besar saat ini terjadi di Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sibolga Julu. Aek Hopong sebagai sumber air baku WTP Sibolga Julu mengalami penurunan drastis dan nyaris kering. 

"Kita sudah susuri sampai sumbernya, yakni air terjun batu lobang, hasilnya memang, air terjun batu lobang sebagai sumber air Aek Hopong untuk WTP Sibolga Julu sekarang ini nyaris kering," kata Suganda, dalam keterangannya, Jumat (18/2/2022).

Sementara bahan baku sumber air bersih untuk WTP milik Perumda Sibolga lainnya sebut Suganda, saat ini masih memungkinkan untuk menyuplai pasokan air bersih ke rumah-rumah pelanggan di wilayah cakupan masing-masing WTP. Namun debit aliran air per detiknya terpaksa dikurangi.

"Jadi, untuk WTP Sibolga Julu, kita terpaksa harus melakukan penjadwalan air di wilayah cakupannya saat ini, yakni Kecamatan Sibolga Utara yang meliputi Kelurahan Simare-mare, Angin Nauli, Huta Tonga-Tonga, dan Hutabarangan," beber Suganda. 

Hal yang sama disampaikan Kabag Hubungan Langganan dan Layanan, Syahrul Nasution. Pihak Perumda Sibolga saat ini ungkap Syahrul, berupaya keras untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat.

"Selain melakukan penjadwalan, kita nantinya akan melakukan injeksi dengan sistem door to door ke daerah-daerah yang paling terdampak melalui armada pelayanan air bersih serta mempersiapkan layanan gangguan lewat WA 08116789003. Layanan gangguan ini siap 24 jam jika dibutuhkan," tukas Syahrul.

Sementara itu, dalam rangka meminimalisir masalah kekurangan air bersih di Kota Sibolga ke depannya, 

Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tirta Nauli Sibolga, Ahmad Kennedy Simanullang, mengajak masyarakat Sibolga agar mau melaporkan setiap temuan sumber air kepada Perumda Sibolga. Ahmad memastikan, pihak Perumda Sibolga akan turun langsung ke lokasi. 

"Selama ini, kita sudah coba mencari sumber-sumber air baru dibeberapa wilayah di Kota Sibolga, baik di Kenanga, Murai, dan lainnya, tapi hasilnya belum ada," tutur Ahmad. 

Ahmad sendiri tidak memungkiri bahwa pihak Perumda Sibolga ada menemukan sumber air besar selama pencarian. Namun hal itu dibatalkan sebab nilai investasi pembangunan jaringannya di nilai cukup besar karena letaknya yang cukup jauh.

"Sumber air besar tersebut berada di wilayah Sibuluan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng)," pungkas Ahmad. (jhonny/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini