Puslitbang Polri Teliti Tingkat Kepercayaan Masyarakat Sibolga

Sebarkan:

Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja. (foto:mm/dok Hms Pol Sibolga)
SIBOLGA - Pusat Penelitian dan  Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan penelitian tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polres Sibolga, Selasa (15/2/2022). Tim itu juga melakukan survei indeks kamtibmas di wilayah Polres.

Tim Puslitbang Polri itu dipimpin oleh Ketua Tim, Kombes Pol Azis Saputra, dengan anggota Profesor Dwi Purwoko dari konsultan BRIN dan Bripda Ikhwan Abdillah, didampingi Karorena Polda Sumut, Kombes Pol Haris Budiharto.

Kedatangan tim itu disambut oleh Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja, bersama Kabag Ren Polres Sibolga, Kompol K Nababan dan Pejabat Utama (PJU) Polres Sibolga, serta personil Bhabinkamtibmas.

Turut serta tokoh masyarakat, pemuda, agama, guru, perangkat desa, organisasi perempuan, pengacara, LSM, dan instansi pemerintah di Kota Sibolga.

Adapun penelitian yang dilakukan oleh tim itu adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data dari responden yang mengisi kuesioner secara online melalui Link sesuai fungsi kepolisian pada masing-masing fungsi.

Namun, khusus fungsi reskrim, ada 17 responden di luar anggota/ASN lingkungan Polri yang diteliti. Ke 17 responden itu adalah mereka yang pernah berurusan dengan proses penyidikan, antara lain saksi, korban, tersangka, tahanan, dan pengacara.

Ketua Tim Puslitbang Polri, Kombes Pol Azis Saputra mengatakan, kehadiran Tim Puslitbang Polri ke wilayah Polres Sibolga guna memeroleh data dan informasi langsung dari masyarakat. Tujuannya untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat dari lima fungsi layanan kepolisian, yaitu fungsi lalu lintas, reserse, intel, binmas dan samapta dalam jaga Harkamtibmas di wilkum Polres Sibolga.

"Dalam hal ini, Puslitbang Polri mengadakan Focus Group Discussion (FGD) baik kepada para responden maupun terhadap masing-masing fungsi kepolisian. Hal ini dilakukan untuk menguatkan fakta-fakta pelaksanaan pelayanan, kemudian bisa memberikan timbal balik berupa masukan yang baik sebagai penunjang tugas Kepolisian dikemudian hari," kata Azis.

Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja melalui Kasi Humas AKP R Sormin, berharap kegiatan itu bisa menjadi tolak ukur Polres Sibolga ke depan dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, khususnya di Kota Sibolga. (jhonny/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com