Ustaz Al Asari: Pemilihan Kepala Madrasah Harus Mempedomani PP SPA

Sebarkan:

Rapat Pemilihan Kepala Madrasah Al Washliyah di Batubara. (foto/ist)
BATUBARA - Ketua Pengurus Daerah Al Jam'iyatul Washliyah Kabupaten Batu Bara Ustaz Al Asari S.Ag M.Si didampingi Sekretaris M. Sapri. SH, menghadiri tahapan pemilihan Kepala Madrasah (Kamad), Rabu kemarin. 

Ditegaskannya, penjaringan balon Kamad diatur dalam Sistem Pendidikan Al Washliyah (SPA) dan Penyelenggara dan Pengelola (PP) SPA.

Kehadiran Ketua PD Al Jami'yatul Washliyah disambut Plt Kamad MTs Al Washliyah Lima Laras, Kecamatan Nibung Hangus, Pengurus Cabang Al Washliyah Kecamatan Nibung Hangus, tenaga pendidik dan kependidikan MTs Al Washliyah Lima Laras.

Tahapan pemilihan Kamad sudah memasuki beberapa tahapan, mulai dari sosialisasi, penjaringan balon sebagaimana diatur dalam Sistem Pendidikan Al Washliyah (SPA) dan Penyelenggara dan Pengelola (PP) SPA.

Ustaz Al Asari S.Ag M.Si, mengatakan sebagai PD Al Washliyah Batubara, pihaknya bertanggungjawab untuk menjalankan SPA dan PP SPA yang menjadi pedoman pemilihan Kepala Madrasah di lingkungan Al Washliyah, yaitu mulai dari pembentukan panitia hingga pelantikan Kamad terpilih. 

"Tujuh tahapan harus dilalui, hingga pelantikan Kamad  terpilih dan terbaik. Sistem pemilihan kepala Madrasah tidak lagi menggunakan mekanisme lama one man one vote," tegasnya.

Perananan guru, sambungnya hanya sampai pada pengajuan bakal calon dan hasilnya diserahkan kepada panitia dan panitia menyerahkan kepada Majelis Pendidikan Pengurus Daerah (MP-PD) untuk dilakukan screening berkas dari bakal calon (balon). Selanjutnya menetapkan calon yang akan diikutkan dalam fit and profer test yang jadwalnya ditentukan oleh MPPD.

"Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan baik dan lancar dengan izin Allah SWT. Semoga pemilihan kepala Madrasah Tsanawiyah Al Washliyah Lima Laras berjalan dengan baik dan melahirkan kepala Madrasah yang mampu membesarkan perguruan Al Washliyah" pungkas Al Asari. (zein/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini