Buka Usaha Cafe? Ini Modal yang Harus Disiapkan

Sebarkan:
Foto ilustrasi/ist.
INGIN mempunyai usaha sendiri? Anda bisa mempertimbangkan modal untuk membuka cafe tidak terlalu besar. Pasalnya tidak semua usaha membutuhkan modal besar. Apalagi bagi yang suka kegiatan masak-memasak, bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan besar. 

Bisnis cafe terus berkembang mulai dari yang sederhana sampai kekinian. Konsep usaha dapat disesuaikan dengan target pengunjung yang diinginkan. Pengelola hanya perlu melihat peluang yang lebih besar di sekitarnya.

Usaha kafe tidak pernah ada matinya. Meski sudah banyak yang membuka bisnis ini, namun dengan pengelolaan yang tepat, Anda bisa mendapatkan pelanggan dan menghasilkan keuntungan.

5 Tips Sukses Memulai Bisnis cafe dengan Modal Kecil

Memulai usaha cafe modal Rp10 juta sudah bisa berjalan, bahkan dengan perlengkapan yang cukup. Selama pandai mengatur dan memutar stok dagangan, maka berapapun nominal modal yang tersedia bukan masalah. Berikut beberapa tips untuk membuka usaha cafe: 

1.Pengetahuan dan pengalaman

Modal untuk usaha tidak hanya dalam bentuk uang, tetapi juga pengetahuan dan pengalaman. Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman mengelola cafe dari magang atau bekerja pada usaha sejenis.

Ketika magang, tidak masalah jika hanya mendapat bayaran kecil. Ilmu dan pengalamannya bisa menjadi modal untuk sukses dalam bisnis yang sama.

Perkaya pengetahuan dengan membaca buku atau melihat video. Kedua sumber informasi ini masih sangat layak untuk tempat menimba ilmu. Saat ini banyak channel youtube yang berisi konten untuk membangun bisnis yang disampaikan oleh pelaku usaha sendiri maupun pihak yang melakukan review.

Untuk memulai usaha memang tidak selalu mudah. Namun jika sudah berhasil tentu bisa menjadi kebanggaan. Semua pengusaha yang sekarang sukses berawal dari tidak paham dan mengalami jatuh bangun dalam membangun bisnisnya. 

2.Biaya operasional

Ketika usaha baru berjalan, Anda membutuhkan uang yang cukup untuk membeli semua bahan pengisi. Pada saat ini, hasil penjualan belum dapat diandalkan. Kalau pun sudah banyak pelanggan yang datang, bisa saja pemasukannya masih lebih kecil dari pengeluaran untuk melengkapi isi cafe.

Agar mudah mendapatkan barang dagangan untuk menyuplai kebutuhan cafe, Anda bisa bekerjasama dengan supplier. Karena kebutuhan untuk cafe dalam jangka panjang, bisa jadi supplier mau bekerjasama memberikan harga lebih murah. 

Selain itu, Anda juga bisa mendapat layanan antar gratis. Jadi jika ada item yang habis, Anda tinggal telpon dan pihak supplier akan mengantarkannya. Dengan cara ini bisa menghemat transportasi dan tenaga kerja. Karyawan cafe dapat lebih fokus melayani pelanggan.

3.Tempat usaha

Modal buka cafe kekinian yang tidak kalah penting adalah tempat. Agar bisa menghemat modal, untuk sementara bisa menyewa terlebih dulu. Atur ruangan sebagus mungkin, tambahkan aksesoris dan detail untuk memberi kesan kuat pada tema cafe yang Anda inginkan.

Jika sudah mempunyai tempat sendiri tentu lebih baik. Anda tidak perlu memikirkan biaya untuk menyewa yang tentu tidak sedikit. Salah satu bagian dari pemilihan tempat adalah lokasi yang strategis.

Pusat kota dan pinggir jalan besar yang ramai merupakan lokasi terbaik. Namun jika tempat tersedia di daerah pinggir, tidak masalah. Anda bisa membuat cafe dengan tema yang lebih ramah dan tenang. Poin ini bisa Anda gunakan untuk menarik minat pengunjung.

Tempat parkir juga harus mendapat perhatian. Pastikan cafe yang Anda bangun mempunyai sarana ini. Pengunjung bisa betah menikmati hidangan yang tersedia jika kendaraan mereka terparkir dengan aman. Begitu juga sebaliknya, karena was-was terhadap keamanan kendaraan, bisa saja calon pembeli tidak jadi datang. 

4.Tenaga Kerja

Tenaga kerja termasuk dalam modal untuk membuka cafe lumayan besar. Ketika awal memulai usaha, Anda tentunya bisa menghandle secara langsung. Dengan demikian belum terlalu banyak membutuhkan tenaga kerja.

Anda bisa mengambil tenaga kerja secara part time ketika cafe ramai pengunjung, seperti malam minggu atau hari libur lainnya. Cara ini bisa menekan biaya yang cukup besar. 

5.Peralatan

Memulai usaha cafe, Anda tentu saja membutuhkan peralatan masak, piring, gelas, tempat menyajikan pesanan, meja kursi untuk pelanggan, meja kasir lengkap dengan laptop. Pilihlah peralatan makan minum yang unik sehingga pelanggan merasa senang menikmati pesanannya.

Jenis peralatan tergantung pada apa yang Anda sajikan di cafe. Modal usaha coffee shop sederhana salah satunya adalah coffe maker. Sedangkan jika Anda menyediakan aneka roti yang fresh, tentu harus menyediakan oven untuk memanggangnya.

Laptop menjadi salah satu item di luar alat penyajian menu cafe yang penting. Di perangkat ini semua data dan transaksi usaha tersimpan. Begitu juga dengan pesanan pelanggan. Sebelum membelinya, jangan lupa cek harga laptop terlebih dulu.

Anda bisa membeli laptop secara online di toko ternama seperti Blibli. Dengan harga terjangkau laptop berkualitas dapat Anda miliki. Untuk mendapatkannya pun Anda tidak perlu repot. Cukup buka situs Blibli, pilih produk yang diinginkan, lakukan pembayaran, dan menunggu produk diantar sampai tujuan. 

Dari berbagai merek dan tipe harga laptop yang ditawarkan bermacam-macam. Anda bisa menyesuaikan dengan dana yang tersedia. Produk yang tersedia di Blibli semua berkualitas. Pembeli juga tidak perlu ragu melakukan transaksi karena marketplace ini terpercaya dan hanya bekerjasama dengan toko terbaik. 

Memulai usaha tentunya perlu cukup banyak perhitungan. Anda harus mengutamakan kebutuhan primer usaha dibanding kebutuhan sekundernya. Selain itu, pastikan juga  modal untuk membuka cafe disesuaikan dengan budget yang tersedia. (red/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini