Dandim 0212 TS: Kampung Pancasila untuk Menangkal Bahaya Laten

Sebarkan:

Dandim 0212 TS, Letkol Inf Rooy Candra Sihombing menandatangani prasasti Kampung Pancasila. (foto/ist)
PALUTA - Dandim 0212 TS, Letkol Inf Rooy Candra Sihombing meresmikan Kampung Pancasila, di Desa Trans Batang Pane II, Kecamatan Halongonan Timur, Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), Rabu (23/3/2022).

Peresmian Kampung Pancasila dihadiri Bupati Paluta Andar Amin Harahap, Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Kajari Paluta Hartam Ediyanto, Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap, dan Pabung Kodim 0212 Mayor Inf Takbir Dahiru.

Setibanya di Desa Trans Batang Pane II, rombongan Forkopimda disambut tarian adat Jawa dan adat Batak. Peresmian Kampung Pancasila ditandai dengan pemotongan pita, pemotongan nasi tumpeng dan penandatanganan batu prasasti oleh Dandim 0212/TS, sekaligus meninjau Gereja HKBP Batang Pane II.

Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Candra Sihombing mengatakan, Kampung Pancasila ini merupakan program dari Kepala Staf Angkatan Darat, dengan tujuan menangkal ancaman yang tidak terduga baik dari bibit-bibit terorisme atau radikalisme serta bahaya laten ideologi lainnya.

“Dengan diresmikannya Desa Batang Pane II ini sebagai Kampung Pancasila, kita harus bersama untuk tetap menjaga nilai-nilai Pancasila. Karena dengan adanya Pancasila, kita tidak dapat dipecah belah dan di adu domba oleh pihak-pihak yang ingin menghancurkan negara kita ini,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Andar dalam kata sambutannya mengucapkan selamat atas pembentukan Kampung Pancasila di Desa Batang Pane II. Andar berharap, Kampung Pancasila juga dibentuk di desa lainnya.

"Ini merupakan suatu prestasi bagi Desa Trans Batang Pane II dan harus menjadi contoh bagi desa-desa yang lain. Dan harapan kita bersama agar nilai-nilai Pancasila untuk terus dipertahankan," ujarnya. “Kalau pengertian saya salam Pancasila adalah saling menghormat dalam artian saling menghormati,” imbuhnya.

Kegiatan peresmian Kampung Pancasila ini juga dirangkai dengan peninjauan taman baca Desa Batang Pane II dan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan Mushola Al Anugrah oleh Bupati Paluta bersama Forkopimda.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) H Awaluddin Harahap yang hadir dalam acara menyampaikan rasa gembiranya atas peresmian Kampung Pancasila ini. "Mudah-mudahan desa Batang Pane II berkah," ujarnya.

Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap mengatakan, dengan diresmikannya Kampung Pancasila Batang Pane II ini ia berharap agar pembangunan lanjutan jalan dari desa Batang Pane II menuju Batang Pane III dilanjutkan dan pembangunan sarana air bersih.

"Saya sangat bangga dengan desa Batang Pane II ini, selama dipimpin oleh Slamet Nugroho banyak sekali perubahan pembangunan di desa ini. Saya harap agar dipertahankan tata kelolanya," kata Mukhlis. (yasir/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini